Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Mandi Air Hangat atau Air Dingin Untuk Si Bayi, Amankah? Yuk Simak Penjelasannya

Laporan: Raja Media Network
Senin, 04 September 2023 | 21:31 WIB
Memandikan bayi air hangat atau air dingin. (Foto: NET)
Memandikan bayi air hangat atau air dingin. (Foto: NET)

RMBanten.com - Kesehatan - Bayi baru lahir mandi dengan air dingin bayi boleh atau tidak?

Dalam live instagram Doodle Exclusive Baby Care bersama dr Wulandari memberikan penjelasannya terkait hal tersebut.

Menurur dr Wulandari, jika bayi baru lahir hingga 6 bulan memiliki sistem suhu dipusat otak bayi masih belum sempurna. Sehingga bayi kurang 6 bulan tidak disarankan mandi air dingin.

“Bayi yang baru saja lahir hingga 6 bulan memiliki pusat suhu belum berkembang dengan sempurna sehingga belum diperbolehkan untuk dimandikan dengan air dengan suhu yang dingin. Bayi sudah mulai dimandikan dengan air dingin mulai usia 6 bulan yang bisa dilakukan dengan cara bertahap. Hal ini dilakukan supaya bayi tidak kaget. Perlu juga diperhatikan kondisi bayi saat akan memandikan dengan air dingin,” terang dokter umum di RS Permata Serdang ini dalam keterangannya, Senin (4/9). 

Menurut Wulan, begitu sapaannya baik air dingin maupun air hangat memiliki manfaat masing-masing untuk bayi. 

“Selain memiliki manfaat yang baik untuk bayi, memandikan bayi dengan suhu air hangat juga memiliki dampak membuat kulit bayi kering jika suhu air yang digunakan terlalu panas. Kulit kering juga disebabkan durasi mandi, sehingga disarankan memandikan bayi tidak lebih dari 10 menit,” ungkap Dokter umum salah satu rumah sakit di Banten tersebut. 

Berbicara tentang ideal berapa banyak bayi sebaiknya dimandikan, dokter umum ini menjelaskan  kuantitas memandikan bayi dalam sehari tergantung usia bayi saat ini. 

“Bayi yang sudah putus tali pusarnya diperbolehkan mandi 1 hingga 2 kali sehari, apalagi iklim tropis cuaca panas sering berkeringat timbul bakteri dan ada penyakit yang tidak diinginkan baiknya dimandikan. Sebelum dimandikan bayi sebaiknya diawali dengan melap dengan menggunakan waslap baru setelah itu dimandikan. Jika tali pusar nya belum putus baiknya dilap-lap saja pakai waslap, bayi tersebut bersih atau kotor harus dibersihkan, ”katanya lagi. 

Wulan menambahkan suhu untuk mandi bayi air nya hangat suam-suam kuku, yakni disuhu 36-38 derajat celcius. Selain itu, suhu diruangan kamar mandi tidak boleh dingin atau panas.

Yang perlu diperhatikan adalah saat memasukan air hangat, air hangat harus diratakan supaya titik hangat merata, karena jika tidak merata akan menyebabkan kulit bayi menjadi merah-merah. 

Wulandari berpesan saat memandikan bayi hal yang sangat perlu diperhatikan adalah melihat kondisi bayi. Sehingga orang tua bisa memilih menggunakan air hangat atau air dingin, karena baik air hangat dan air dingin memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

"Yang mengetahui kondisi bayi dan lingkungan saat ini adalah orang tua bayi tersebut sendiri. Sehingga melalui sharing ini bisa menambah ilmu dan bermanfaat dan tidak perlu takut disesuaikan kondisi anak," tandasnya.rajamedia

Komentar: