Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Rektor UIN Jakarta Kunjungi Walikota Tangsel, Ini Yang Dibicarakan

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 13 April 2023 | 12:53 WIB
Rektor UIN Jakarta  Asep Saepudin bekunjung ke Walikota Tangsel Benyamin Davnie di kantornya. (Foto: Dok UIN Jakarta)
Rektor UIN Jakarta Asep Saepudin bekunjung ke Walikota Tangsel Benyamin Davnie di kantornya. (Foto: Dok UIN Jakarta)

RMBanten.com - Tangsel - Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menerima kunjungan Rektor UIN Jakarta  Asep Saepudin Jahar di kantornya di Jalan Adi Sengkong, Serua, Tangsel, Selasa (11/4) lalu.

Melansir laman uinjkt.ac.ic, Rektor UIN Jakarta dalam kunjungan itu menyampaikan sejumlah hal yang bisa dikerjasamakan, termasuk penyediaan infrastruktur penyeberangan mahasiswa dan masyarakat di lintasan jalan depan kampus.

Rektor Asep tampak didampingi sejumlah pejabat di lingkungan UIN Jakarta seperti Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Din Wahid. Walikota sendiri tampak menyambut kunjungan Rektor didampingi sejumlah pejabatnya di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangsel.

"Kami datang untuk bersilaturahmi sekaligus mempererat kerjasama yang telah terbangun antara pihak UIN Jakarta dengan Pemerintahan Kota Tangsel," ujarnya.

Diketahui, Rektor Asep terpilih memimpin UIN Jakarta selama satu bulan terakhir sehingga kunjungan kepada para mitra lembaga perlu dilakukan.

Dalam kunjungan yang berlangsung selama satu jam lebih, Rektor Asep menyampaikan sejumlah usulan terkait berbagai aspek yang bisa disinergikan. Diantaranya penguatan sinergi Pemkot Tangsel di bidang kesehatan dengan melibatkan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Jakarta.

Selanjutnya, Rektor mengungkapkan harapan sivitas akademika UIN Jakarta akan tersedianya infrastruktur pendukung keselamatan mahasiswa dan masyarakat di lintasan jalan depan kampus atau ruas Jalan Raya Haji Juanda. Rektor mengapresiasi atas penyediaan infrastuktur yang sama pada saat ini.

Namun kata Asep, infrastruktur tersebut perlu diperbarui mengingat semakin padatnya arus lalu lintas dan kejadian kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu, dirinya berharap penyediaan zebra cross, pembuatan jembatan penyeberangan orang (JPO), atau jika memungkinkan pembangunan underpass dari kampus 1 ke seberang jalan.

"“Saat ini sudah ada JPO dan zebra cross, tetap penempatannya masih jauh dari UIN Jakarta sehingga penggunaannya tidak maksimal,” ujarnya.

Lebih jauh, Asep juga mendorong sinergi lebih erat UIN Jakarta dan Pemkot Tangsel dalam berbagai penanganan persoalan lingkungan. Diantaranya pemeliharaan kebersihan Situ Gintung dan pengelolaan sampah Tangsel dengan melibatkan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta.

Searah optimalisi teknologi informasi,  Rektor menambahkan, pihak UIN Jakarta juga berharap dukungan perizinan pemasangan Videotron di depan kampus UIN Jakarta. Sesuai regulasi, pemasangan videotron diketahui harus mendapat perizinan pemerintahan setempat.

Sementara, Walikota Tangsel Benyamin Davnie menyampaikan apresiasi positif dan optimistis untuk melakukan kerjasama lebih erat dengan UIN Jakarta.

Terkait usulan sivitas akademika UIN Jakarta, kata Benyamin, pihaknya akan mengoptimalkan program dukungan yang bisa direalisasikan pemerintahan kota seperti penyediaan zebra cross.

Namun untuk beberapa usulan seperti pembuatan underpass maupun pemindahan JPO, pihaknya akan terlebih dulu berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Hal ini karena jalan di depan UIN Jakarta merupakan jalan nasional.rajamedia

Komentar: