Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Kejar Ketertinggalan Pendidikan, Andra Soni Mau Gandeng Swasta Gratiskan Sekolah!

Debat Cagub dan Cawagub Banten 2024

Laporan: Iyan Sopian
Kamis, 17 Oktober 2024 | 00:04 WIB
Calon gubernur Banten Andra Soni dan cawagub Dimyati Natakusmah. [Foto: Repro/RMN]
Calon gubernur Banten Andra Soni dan cawagub Dimyati Natakusmah. [Foto: Repro/RMN]

RMBANTEN.COM - Pilgub Banten -  Peningkatan kualitas pendidikan sangat penting dilaksanakan, mengingat Rata-rata Lama Sekolah (RLS) di Provinsi Banten masih di angka 9 tahun, atau hanya sampai tingkat SMP saja.


Demikian disampaikan calon nomor urut 02 Andra Soni dalam debat calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Rabu malam (16/10).


Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten itu menyoroti masih ada sejumlah daerah di Provinsi Banten, yang RLS mereka lebih rendah dari 9 tahun.


Sehingga kata Andra, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Banten, diperlukan langkah untuk mengejar aksesibilitas pendidikan di setiap daerah di Provinsi Banten.


"Sebuah keharusan kita melakukan terobosan, upaya keras untuk kita mengejar ketertinggalan, meningkatkan pendidikan warga Banten dengan cara satu-satunya adalah memberikan layanan sekolah gratis kepada anak-anak kita,” ujar Andra.


Dikatakan Andra, memang terdapat pembagian kewenangan di masing-masing tingkatan daerah, dalam mengelola pendidikan. Tetapi, kolaborasi antar tingkatan pemerintahan maupun antar instansi perlu dilakukan, guna meningkatkan RLS itu.


Mantan Ketua DPRD Provinsi Banten itu mengatakan,  saat membangun sekolah, diperlukan waktu 3 tahun sekolah itu baru bisa beroperasional. Diperlukan anggaran Rp40 sampai Rp60 miliar untuk menciptakan satu sekolah, apalagi di perkotaan.


"Maka solusi sekolah gratis bekerja sama dengan pihak swasta, ini merupakan upaya untuk melakukan percepatan,” terangnya.rajamedia

Komentar: