Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Jaga Komitmen Persatuan! Al Muktabar Optimis Pemilu 2024 Berjalan Damai

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 20 Juli 2023 | 06:21 WIB
Pj Gubenur Banten optimis penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan damai. (Foto: Dok Pemprov)
Pj Gubenur Banten optimis penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan damai. (Foto: Dok Pemprov)

RMBanten.com - Jakarta - Pesta demokrasi pada Pemilu 2024 khususnya di Provinsi Banten akan berjalan dengan damai. Untuk itu, komitmen menciptakan terselenggaranya Pemilu Serentak yang damai, jujur dan adil harus terus dijaga.

Begitu disampaikan Pj Gubernur Banten Al Muktabar seusai menghadiri acara Senandung Pemilu Damai yang dilaksanakan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan  (Kemenko Polhukam) di Jakarta, Selasa (18/7).

"Untuk persiapan sampai saat ini masih terus kita lakukan, dari mulai membangun komunikasi yang baik dengan penyelenggara Pemilu, berkoordinasi dengan Forkopimda, juga elemen-elemen masyarakat lainnya," kata Al Muktabar.

Al Muktabar optimis, Pemilu di Provinsi Banten berjalan damai. Namun, harus tetap diwaspadai dengan tetap melakukan koordinasi.

Menurut Al Muktabar, koordinasi itu penting dilakukan, untuk bisa memetakan titik-titik yang berpotensi konflik. Sehingga kemudian bisa dilakukan upaya untuk meredam itu melalui berbagai pendekatan.

"Kita terus pantau itu," ujarnya.

Terkait pembiayaan Pemilu serentak, Al Muktabar memastikan seluruhnya sudah terpenuhi melalui Perda Dana Cadangan Pemilu yang sudah dibuat bersama DPRD Banten.

"Secara kebutuhan dasar sudah kita penuhi, tinggal pada tahapan instrumen dan teknis lapangan yang diperkuat," demikian tutup Al Muktabar melansir laman bantenprov.go.id.

Sementara itu, berkenaan dengan tantangan, di era perkembangan teknologi yang cukup pesat ini, dipastikan akan banyak berita-berita hoax yang akan dapat memecah belah perbedaan pandangan politik masyarakat.

Lebih lanjut kata Al Muktabar, jumlah pemilih di Banten didominasi kalangan usia 50 ke bawah atau generasi muda. Ia mengajak semua pihak  secara bersama-sama memberikan edukasi dan informasi yang benar kepada anak-anak muda itu.

Dalam acara itu hadir Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Ketua KPU RI Hasyim As'ari, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, perwakilan lintas tokoh agama, tokoh masyarakat dan pengurus BEM beberapa kampus serta Ormas.rajamedia

Komentar: