Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Anda Warga Kota Tangerang Punya Masalah? Adukan Saja ke Layanan LAKSA

Laporan: Raja Media Network
Minggu, 25 Juni 2023 | 08:21 WIB
Ruang Tangerang Live Room Pemkot Tangerang.(Foto: Dok Pemkot)
Ruang Tangerang Live Room Pemkot Tangerang.(Foto: Dok Pemkot)

RMBanten.com - Kota Tangerang - Dalam merespon aduan masyarakat dengan cepat tanggap dan responsif, Pemerintah Kota Tangerang terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang.

Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda(LAKSA) merupakan aplikasi yang disediakan Pemkot Tangerang untuk layanan aduan di Kota Tangerang.

Menurut Kepala UPT Pengelola Ruang Kendali Kota, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Fany Rostiany, layanan LAKSA telah menjadi aplikasi unggulan sejak beberapa tahun belakangan ini.

Tercatat, layanan LAKSA telah melayani puluhan ribu aduan masyarakat selama ini dengan persentase tindakan mencapai hampir 100 persen.

Dijelaska Fany, lewat layanan LAKSA, masyarakat dapat melayangkan aduan serta aspirasi terkait berbagai macam persoalan ada di Kota Tangerang, seperti keadaan infrastuktur publik, pelayanan umum, bahkan sampai persoalan-persoalan darurat, seperti penemuan ular, sarang tawon, orang hilang, dan seterusnya.

"Lewat layanan LAKSA, masyarakat Kota Tangerang bisa mendapatkan pelayanan apapun secara cepat tanpa hambatan. Layanan LAKSA pun tidak membatasi terkait aduan-aduan yang akan dilayani," ujar Fany.

"Semua pengaduan akan direspon secara cepat karena laporan yang masuk dari masyarakat akan diterima petugas jaga di Tangerang Live Room dan akan diteruskan ke call center di setiap Organinasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersangkutan,” sambung Fany megutip laman tangerangkota.go.id, Minggu (25/6).

Lebih lanjut, kata Fany, layanan LAKSA kini sudah terintegrasi dalam satu super apps Tangerang LIVE. Seiring berkembangnya waktu, layanan LAKSA juga mengalami pembaharuan fitur ke arah mutu kualitas yang semakin baik, seperti aksesibilitas, responbilitas, dan terintegrasi dengan layanan-layanan lainnya yang disediakan oleh Pemkot Tangerang.

'Terlebih, Pemkot Tangerang saat ini terus mengembangkan Tangerang Satu Peta yang akan semakin memudahkan dan mematangkan pelayanan yang diberikan layanan LAKSA sejauh ini," ujarnya.

Fany mengimbau, masyarakat Kota Tangerang perlu segera mengunduh, menginstal, dan memanfaatkan layanan LAKSA semaksimal mungkin..

"Jadi, masyarakat Kota Tangerang kini tidak perlu khawatir terkait pelayanan publik di Kota Tangerang. Cukup adukan di layanan LAKSA," ujarnya lagi.

Kata Fany, cara mengakses layanan LAKSA pun terbilang mudah. Masyarakat hanya perlu menginstal super apps Tangerang LIVE di gawai masing-masing. Setelah terinstal, fitur layanan LAKSA bisa digunakan tanpa ada batasan waktu pelayanan.

Selain layanan LAKSA, bentuk aduan cepat tanggap di Kota Tangerang yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti Instagram/@tangerangkota, Twitter/@kota_tangerang, Facebook/Pemerintah Kota Tangerang, dan Whatsapp/0811-1500-293.rajamedia

Komentar: