Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Top! Pemkab Tangerang Raih Penghargaan Desa Sadar Hukum dari Kemenkumham

Laporan: CAREP-01
Rabu, 07 Agustus 2024 | 19:09 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyerahkan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Kelurahan kepada Pemkab Serang. [Foto: Dok Pemkot]
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyerahkan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Kelurahan kepada Pemkab Serang. [Foto: Dok Pemkot]

RMBANTEN.COM - Kota Tangerang - Pemerintah Kabupaten Tangerang mendapatkan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Kelurahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly kepada Pj Bupati Tangerang Andi Ony di Lapas Kelas I Anak Kota Tangerang, Rabu (7/8).


Pj Bupati Andi Ony mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada desa dan kelurahan di Kabupaten Tangerang yang dinilai layak menjadi desa dan kelurahan sadar hukum.


"Alhamdulillah hari ini Pemkab Tangerang meraih Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Kelurahan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Kita dinilai berhasil melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahan agar menjadi daerah yang sadar hukum," ungkap Pj Bupati Andi Ony.


Andi Ony mengatakan, penghargaan Anubhawa Sasana Desa Kelurahan ini merupakan bentuk pemberian apresiasi kepada daerah yang dinilai berhasil dalam membina dan mengembangkan desa dan kelurahan menjadi desa dan kelurahan yang sadar hukum.


"Semoga dengan penghargaan ini menjadikan semangat dan memacu inovasi serta komitmen kita semua dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, khususnya di desa dan kelurahan melalui pembinaan dan pengembangan desa dan kelurahan sadar hukum secara berkesinambungan dan berkelanjutan," tuturnya.


Andi Ony berharap ke depannya, jumlah desa/ kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Tangerang semakin meningkat sehingga bukan hanya desa kelurahan saja yang sadar hukum wilayahnya namun juga kecamatan sadar hukum.


Menkumham RI Yasonna Laoly mengatakan, jumlah desa dan kelurahan Sadar Hukum semakin bertambah dan akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.


Dengan tersedianya akses informasi dan pemahaman terhadap hukum, akan berimplikasi positif terhadap kepatuhan hukum yang pada akhirnya akan berujung pada terciptanya budaya hukum.


"Kami berharap semakin banyak dan bertambahnya desa dan kelurahan sadar hukum di Provinsi Banten sehingga dapat berimplikasi positif terhadap kepatuhan hukum yang pada akhirnya akan berujung pada terciptanya budaya hukum," ungkap Yasonna.


Yasonna mengucapkan selamat kepada seluruh kepala daerah, bupati dan wali kota yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut yang tidak mudah untuk mendapatkannya.


"Pemberian penghargaan desa dan kelurahan sadar hukum ini tidak mudah untuk dicapai. Desa sadar hukum ada indikator-indikator yang harus dipenuhi dan kriteria indikatornya pun sangat kompleks," demikian tutup Menkumham melansir laman resmi Pemkab Tangerang.rajamedia

Komentar: