Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Presiden Jokowi Janjikan Tak Akan Cawe-cawe di Kabinet

Laporan: Raja Media Network
Minggu, 06 Oktober 2024 | 08:04 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara Peringatan HUT TNI ke-79 di Monas. [TangkapanLayar]
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara Peringatan HUT TNI ke-79 di Monas. [TangkapanLayar]

RMBANTEN.COM - Polhukam, Jakarta -  Penyusunan kabinet merupakan pemerintahan baru adalah hak prerogatif presiden terpilih Prabowo Subianto. Atas dasar itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji tak akan cawe-cawe dengan susunan kabinet di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.


"Mengenai kabinet, itu hak seratus persen hak prerogatif Presiden," ujar Jokowi seusai HUT TNI di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).


Dikatkatakan Jokowi, transisi pemerintahan saat ini berjalan baik. Ia mengungkap, semua hal terkait transisi pemerintahan harus dipersiapkan demi kelancaran ke depan.


"Badan-badan yang perlu dipersiapkan sebelum pelantikan saya kira, undang-undang, juga bisa diselesaikan. Saya kira juga akan memuluskan keberlanjutan, akan melancarkan nanti memuluskan juga di hari pelantikan di tanggal 20 Oktober mendatang," ujarnya.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyambut baik Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, untuk membentuk zaken kabinet dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.


“Bagus sekali, artinya memang kabinet yang bekerja, kabinet yang setelah dilantik akan segera bergerak, bekerja dan tidak menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu saya rasa bagus sekali. Saya yakin kabinet (Prabowo) akan sangat bagus sekali,” jelas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, 21 September 2024.


Saat ditanya terkait jumlah kementerian di kabinet Prabowo, Jokowi mengatakan hal itu menjadi prerogatif presiden terpilih.

"Ditanyakan kepada Presiden terpilih. Kewenangan itu hak prerogatif presiden," ucap Jokowi.rajamedia

Disway: Bambu Hernawan
Pos Sebelumnya:
Bambu Hernawan
Komentar: