Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Jangan Napsu! Begini Cara Kontrol Kolesterol Saat Konsumsi Daging Kurban

Laporan: Raja Media Network
Jumat, 30 Juni 2023 | 17:21 WIB
Ilustrasi daging kurban. (Foto: Repro)
Ilustrasi daging kurban. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Kota Tangerang - Momen Idul Adha 1444 H dilanjutkan dengan memotong hewan kurban dirayakan masyarakat di dunia.

Di Indonesia sendiri, melaksanakan ibadah kurban dilakukan dengan menyembelih kambing dan sapi.
Tapi perlu diperhatikan, daging tersebut, memiliki kandungan kolesterol sebagaimana protein hewani lainnya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengontrol asupan kolesterol selama menikmati olahan daging kurban?

Melansir laman tangerangkota.go.id, ahli Gizi RSUD Kota Tangerang, Lia Efritanurika menyampaikan bahwa dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan 65 gram kolesterol. Sedangkan untuk daging kambing tanpa lemak dalam ukuran 100 gram memiliki 75 gram kolesterol.

"Dengan kandungan kolesterol tersebut, pastikan untuk hanya mengonsumsi daging merahnya saja atau tanpa lemak. Jika lemak tidak disisihkan, maka kandungan kolesterol pasti akan lebih tinggi. Pastikan juga untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Serta, jangan olah daging menggunakan bahan-bahan yang mengandung lemak dengan berlebih seperti santan, minyak, margarin dan sebagainya," terangnya

Lebih lanjut kata Lia, apabila seseorang memiliki angka kolesterol yang tinggi sebaiknya mengonsumsi daging dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Apabila kolesterol naik dan mulai ada gejala seperti sakit kepala, sebaiknya stop dan kurangi konsumsi daging.

"Jangan terlalu berlebihan mengonsumsi daging baik yang tidak memiliki riwayat kolesterol maupun yang memiliki kolesterol tinggi. Sebaiknya, cukup makan daging satu porsi makan dan dilengkapi dengan sayur-sayuran agar gizinya juga tetap terpenuhi,"ujarnya.

"Apabila sudah ada gejala seperti sakit kepala atau leher yang kaku, segera stop dan kurangi konsumsi daging. Jangan lupa juga untuk datang ke fasilitas layanan kesehatan untuk dicek kembali kolesterol dalam tubuhnya," lanjutnya.

Menurutnya, masyarakat diharapkan dapat mengonsumsi daging kurban dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Serta, jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah untuk menyeimbangkan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

"Gizi yang seimbang berperan dalam tubuh kita dapat membantu menjaga kesehatan kita. Jangan lupa juga dengan mengimbangi olahraga yang cukup serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari," demikian tutup Lia.rajamedia

Komentar: