Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Bank Banten Harus Terlibat Aktif Dukung Koperasi dan UMKM

Laporan: Iyan Sopian
Jumat, 13 September 2024 | 20:15 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat memperingati Hari Koperasi ke 77. [Foto: Biro Adpimpro Setda Prov Banten]
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat memperingati Hari Koperasi ke 77. [Foto: Biro Adpimpro Setda Prov Banten]

RMBANTEN.COM - Kota Serang - Bank Banten sebagai lembaga keuangan milik Pemerintah Provinsi Banten harus terlibat aktif dalam upaya pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satunya melalui peningkatan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).


Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat meninjau stand Bank Banten pada Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 tingkat Provinsi Banten yang dilaksanakan di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Jl Syech Nawawi Al Bantani, Bogeg, Kota Serang, Jumat (13/9).


Menurut Al Muktabar, sebagai lembaga keuangan milik Pemerintah Provinsi Banten, Bank Banten harus bisa terlibat aktif dalam upaya pertumbuhan ekonomi daerah, salah satunya melalui peningkatan Koperasi dan UMKM.


"Agar itu bisa terwujud, ke depan nanti kantor Bank Banten akan kita satukan di sini. Karena PLUT ini akan kita jadikan sebagai pusat pertumbuhan Koperasi dan UMKM," katanya.


Berada pada satu kawasan, diharapkan ekosistem usaha keduanya bisa lebih meningkat dan tumbuh dengan cepat. Bila perlu nanti akan diperluas area PLUT ini untuk menampung lebih banyak lagi Koperasi dan UMKM.


"Kawasan ini akan kita jadikan pusat aktivitas Koperasi dan UMKM. Bank Banten sebagai lembaga penyalur keuangan akan kita hadirkan di dalamnya sebagai penunjang utama," jelasnya.


Lanjut Al Muktabar, saat ini posisi Bank Banten suda kuat. Beberapa Kas Daerah (Kasda) Pemda juga sudah di Bank Banten. Sehingga line money market-nya akan menyasar lebih luas. Selain itu, Bank Banten juga sedang melakukan KUB dengan Bank Jatim.


"Dengan sistem perbankan ini kita akan meningkatkan berbagai hal yang memerlukan pembiayaan dan permodalan," demikian tutup Al Muktabar.


Sumber: bantenprov.go.idrajamedia

Komentar: