Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Al Muktabar: Pengawas Sekolah, Tingkatkan Pelayanan Pendidikan

Laporan: Raja Media Network
Minggu, 13 Agustus 2023 | 00:05 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar. (Foto: Dok Pemprov)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar. (Foto: Dok Pemprov)

RMBanten.com - Serang - Pengawas sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong peningkatan pelayanan publik khususnya pada bidang pendidikan, sehingga diharapkan pengawas dapat mengoptimalkan peran serta pada hal tersebut.

Begitu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai usai memberikan pengarahan dan pembinaan kepada para pengawas SMA, SMK dan SKh Negeri mengutip laman resmi Pemprov Banten, Minggu (13/8).

"Jadi normanya pengawas itu memberikan nilai-nilai lebih kepada orang yang diawasi, sehingga pengawas itu memiliki posisi untuk bisa mentransformasikan pengalamannya agar sekolah itu akan lebih baik ke depannya," ujar Al Muktabar.

Al Muktabar juga berpesan kepada para pengawas untuk dapat memberikan pemahaman dan contoh kepada sekolah tidak hanya sebatas terkait pembelajaran, melainkan mengenai menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan.

"Tentu sekolah harus memberikan keteladanan, salah satunya melalui transformasi pengawas," katanya.

Dijelaskan Al Muktabar, kegiatan pengarahan dan pembinaan tersebut penting dilakukan guna menjadi bahan dasar untuk menentukan langkah-langkah kedepannya dalam mengoptimalkan pelayanan pendidikan.

"Dengan pertemuan berkala ini sehingga kita bisa mendapatkan informasi, tadi juga kita menerima informasi dari peserta," imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tabrani menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui apa saja yang telah dikerjakan oleh para pengawas dalam upaya meningkatkan pelayanan pada bidang pendidikan di Provinsi Banten.

Kata Tabrani, pengawas memiliki tugas dalam memberikan pembinaan administratif, baik kepada Guru maupun Kepala Sekolah tersebut.

"Sehingga tadi juga kita sampaikan pengawas turut berperan serta terkait dengan kebersihan, kerapihan lingkungan serta mengenai administrasi sekolah," ujarnya.

Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut Al Muktabar juga melakukan dialog dengan sejumlah pengawas sekolah, turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Nana Supiana.rajamedia

Komentar: