Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Siapkan Mitgasi Jelang Pilkada, Benyamin Ingin Pastikan Pilwakot Tangsel Berlangsung Aman dan Jurdil

Laporan: Iyan Sopian
Selasa, 13 Agustus 2024 | 13:50 WIB
Walikota Tangsel, Benyamin Davnie didampingi Wakilnya Pilar Saga Ichsan saat Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tangsel. [Foto: Dok Pemkot]
Walikota Tangsel, Benyamin Davnie didampingi Wakilnya Pilar Saga Ichsan saat Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tangsel. [Foto: Dok Pemkot]

RMBANTEN.COM - Pilwakot Tangsel -  Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan mitigasi terkait  pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tangerang Selatan. Salah satunya menjamin netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).


Pernyataan itu disampaikan Walikota Tangsel Benyamin Davnie saat memimpin Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Wakil Walikota Pilar Saga Ichsan, dan Sekretaris Daerah Bambang Noertjahjo dan instansi vertikal lainnya yang digelar di Grand Zuri Serpong, pada Senin (12/8).


"Saya minta koordinasi dilaksanakan dengan tepat. Semua kita harus mitigasi sejak awal dengan catatan kita tidak intervensi terhadap tugas KPU dan Bawaslu. Tetapi, semua potensi yang melanggar aturan dan seterusnya, kita mitigasi sejak awal," ucapnya.


Kata Benyamin, Salah satunya menyiapkan mitigasi terhadap netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan mengeluarkan surat edaran.


"Saya minta kepala OPD ini mengawasi semua staffnya agar tidak melanggar aturan KPU dalam Pilkada ini. Kalau nanti gak ngerti ya undang Bawaslu ke kantor kita. Saya minta betul-betul ASN di Tangsel ini bersikap netral," ujarnya.


Benyamin juga mengingatkan Satpol PP untuk nantinya menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK). Di mana penurunan itu berdasarkan instruksi Bawaslu yang harus dilakukan sesuai aturan.


"Jadi mulai tanggal sekian, jam sekian, ini bisa dilaksanakan dengan baik soal penurunan APK. Bentuk tim, kalau perlu minta bantuan dari Dishub atau DLH. Ini harus menjadi perhatian, jangan sampai ada yang tersisa, nantinya bisa melanggar aturan," ucapnya.


Benyamin juga menginstruksikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangsel untuk memperhatikan soal isu-isu hoax jelang Pilkada.


Ia berharap Diskominfo bisa melakukan kerja sama dengan Cyber Polri untuk menangani berita-berita yang simpang siur.


"Takedown aja, soalnya ini yang paling sulit dicegah. Saya kira Kominfo nanti sama cyber Polri bisa melakukan penanganan. Saya berharap Pilkada di Tangsel bisa berjalan dengan lancar, aman, jujur, adil dan sebagainya, serta angka partisipasi pemilih meningkat," demikian Benyamin melansir laman resmi Pemkot Tangsel.rajamedia

Komentar: