Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

PPDB Kota Tangerang Steril dari Pungli, Laporkan Jika Ada Oknum Coba-coba!

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 30 Mei 2024 | 21:47 WIB
Pj Walikota Tangerang Nurdin membuka acara Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) . (Foto: Dok Pemkot)
Pj Walikota Tangerang Nurdin membuka acara Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) . (Foto: Dok Pemkot)

RMBANTEN.COM - PPDB, Kota Tangerang - Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen dan berupaya untuk menyukseskan PPDB di wilayahnya dengan tidak memberi ruang untuk berbagai bentuk pungli di sekolah dan lingkungan pendidikan baik pada masa PPDB maupun pada saat tahun ajaran dimulai

Pernyataan itu ditegaskan Pj Walikota Tangerang Nurdin dalam acara Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dengan tema "Pencegahan Pungli di Masa PPDB Tahun Ajaran 2024/2025".

Acara diselenggarakan Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Inspektorat Kota Tangerang, berlansung di Ruang Rapat Akhlakul Karimah, Kamis, (30/05).

Sosialisasi  dihadiri oleh seluruh Pengawas dan Kepala Sekolah dari SD-SMP se-Kota Tangerang.

"Kegiatan sosialisasi ini sangatlah penting mengingat PPDB adalah sesuatu momen yang krusial karena menyangkut hajat hidup bagi anak-anak kita untuk melanjutkan pendidikannya dan meraih masa depannya," ujar Pj Walikota Nurdin dalam arahannya saat membuka sosialisasi yang dihadiri oleh para Pengawas dan Kepala Sekolah se-Kota Tangerang.

"Untuk itu, jangan sampai proses krusial ini dinodai dengan tindakan-tindakan yang menjadi peluang bagi oknum-oknum tidak bertanggung jawab dan memanfaatkannya untuk transaksi-transaksi yang tidak sesuai dengan ketentuan," sambungnya.

Nurdin berharap dengan sosialisai itu para peserta diharapkan dapat lebih memahami dan mengenal berbagai bentuk tindakan Pungli di lingkungan sekolah.

"Kita harus paham betul apa itu Pungli, bagaimana mekanismenya, bagaimana dampaknya dan apa sanksinya, sehingga kita bisa menindak tegas dan menghindarinya agar kegiatan PPDB dapat berjalan dengan optimal," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Pusdatin Kemendagri ini, juga menerangkan, Pemkot terus berupaya meningkatkan kualitas sekolah dan sistem pendidikan di Kota Tangerang guna memperkuat upaya pemberantasan Pungli tersebut.

"Biasanya para orang tua ingin agar anaknya bersekolah di sekolah negeri karena dinilai lebih berkualitas dan juga gratis," ujarnya.

"Pemkot juga telah menggratiskan 146 sekolah swasta yang terdiri dari 73 SD dan 73 SMP. Sehingga perlu diberikan pengertian dan pemahaman bagi para orang tua, kalau sekolah negeri dan swasta di Kota Tangerang itu sama berkualitasnya," sambung Nurdin.

Menurut Nurdin, terkait sistem pendidikannya sendiri Pemkot juga akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitasnya.

"Salah satunya ialah dengan menambah tak kurang dari 2510 guru agar permasalahan kualitas pengajar bagi anak-anak di Kota Tangerang tidak perlu lagi kita khawatirkan," tukasnya.

Nurdin berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak mentolerir segala bentuk praktik Pungli di lingkungan pendidikan dan segera melaporkan jika menemukan.

"Jangan ragu untuk melaporkan agar bisa ditindak tegas dan diberikan efek jera untuk memutus mata rantai korupsi di manapun berada," demikian tutup Nurdin melansir laman resmi Pemkot Tangerang.rajamedia

Komentar: