Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Pilkada Banten, DPT Kota Tangerang 1.377.828 Jiwa

Laporan: Maya Aul
Sabtu, 21 September 2024 | 06:14 WIB
Ilustrasi Kota Tangerang. -
Ilustrasi Kota Tangerang. -

RMBANTEN.COM - Kota Tangerang -  Daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Tangerang pada Pilkada 2024, total 1.377.828 DPT yang tersebar di 13 kecamatan, 104 kelurahan, dan 2.706 tempat pemungutan suara (TPS).


Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Mora Sonang Marpaung, Jumat (20/9).


"Jumlah pemilih atau DPT total keseluruhan 1.377.828 jiwa, yang terbagi dari pemilih laki-laki 683.243 orang dan perempuan 694.585 orang. Ada 2.706 TPS, sudah meliputi TPS lokasi khusus di 5 lapas (lembaga pemasyarakatan)," ujar


Dikatakan Mora, jika dibandingkan DPT saat pemilu kemarin, terdapat kenaikan pada Pilkada saat ini. Sedangkan, lanjutnya, untuk pemilih pemula mengalami penurunan.


"Untuk jumlah DPT dibandingkan Pemilu kemarin, itu ada kenaikan 8 sampai 9 persen. Sementara, pemilih pemula berdasarkan data dari DPS kemarin, setelah dilakukan perbaikan itu ada penurunan dari hasil DPT hari ini. Jadi penurunan itu karena adanya TMS (tidak memenuhi syarat) maupun pindah dari Kota Tangerang," jelasnya.


Lebih lanjut kata Mora, setelah mengesahkan DPT, terdapat tahapan lainnya yakni sosialisasi pengawasan daftar pemilih tambahan (DPTb), terhadap masyarakat Kota Tangerang yang belum terdata.


"Untuk warga Kota Tangerang khusus pemilih baru yang belum terdata dan belum masuk dalam DPT, bisa meminta hak suaranya kepada PPK di kecamatan dan PPS di kelurahan, atau bisa juga ke kantor KPU Kota Tangerang," pungkasnya.rajamedia

Komentar: