Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

BPBD Kabupaten Serang Sigap Tangani Bencana

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 13 Juni 2024 | 08:51 WIB
BPBD Kabupaten Serang saat penangan banjir di Kopo. (Foto: Repro)
BPBD Kabupaten Serang saat penangan banjir di Kopo. (Foto: Repro)

RMBANTEN.COM - Serang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang sigap menangani kebencanaan. Baik itu bencana alam maupun bencana yang disebebkan human eror.

Salah satunya, BPBD melakukan penanganan pada bencana banjir di Kecamatan Kopo pada 2 Mei 2024. BPBD menerjunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga.

Di Kecamatan Kopo ada dua Desa yang terdampak banjir yakni Desa Nanggung dan Desa Kopo dengan ketinggian 20 sampai 60 centimeter.

Sekretaris BPBD Kabupaten Serang Ade Ivan Munasyah mengatakan, ada sebanyak 13 kampung yang terendam banjir di Kecamatan Kopo.

“Ada di 11 kampung di Desa Nanggung yakni, Kampung Lewinanggung, Cukang Galih, Pasir Makam, Rangkas Baru, Parigi, Parigi Pojok, Parigi Simpang, Pasir Manggu, Pabuaran, Beleng dan Kubang Kantong. Lalu di Desa Kopo ada dua yakni Perumahan Gran maja Blok E6,E22,E23 dan Kampung Mendung,” katanya.

Ia mengatakan, banjir diakibatkan oleh hujan deras dan luapan Sungai Cibeurem. Akibat banjir yang terjadi di wilayah tersebut sebanyak 126 rumah yang terendam banjir dan merendam Fasilitas Umum (Fasum).

“Wilayah tersebut di guyur hujan dengan intensitas deras dan meluapnya air sungai Cibeureum ke pemukiman warga. Akibat banjir ada sebanyak 126 rumah terendam, 3 musholah, 3 ponpes dan 1 Sekolah MIN 3 Serang,” katanya.

Selain itu, ada sebanyak 235 kepala keluarga yang terdampak akibat banjir yang merendam wilayah tersebut. Pihaknya menerjunkan personel untuk menangani banjir di wilayah tersebut dan menyiapkan perahu karet.

“BPBD Kabupaten Serang memberangkatkan personil guna pengiriman perahu di Desa Nanggung. Kondisi terakhir air masih terus ada kenaikan dengan ketinggian 20-60 centimeter,” jelasnya. (adv)rajamedia

Komentar: