Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Menko PMK dan Menteri PUPR Resmikan Rusun Mahasiswa UMJ Ciputat

Laporan: Iyan Sopian
Sabtu, 31 Agustus 2024 | 18:57 WIB
Peresmian Rusunawa UMJ Cirendeu, Ciputat. [Foto: Repro]
Peresmian Rusunawa UMJ Cirendeu, Ciputat. [Foto: Repro]

RMBANTEN.COM - Cirendeu, Tangsel  - Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Cirendeu, Ciputat Timur, diresmikan pada Jumat (30/8).


Dalam peresmiana itu hadir Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) Basuki Hadimuljono.


Turut hadir juga Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dan juga Rektor UMJ Ma'mun Murod.


Menko PMK Muhadjir Effendy dalam sambutannya mengucapkan selamat atas peresmian rusunawa UMJ. Mujadjir secara khusus juga berterima kasih atas bantuan PUPR terhadap Muhammadiyah.


"Pembangunan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Mudah-mudahan UMJ masih mendapat rezeki untuk penambahan lagi,” ujarnya.


Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan akan segera menambah satu unit rusunawa bagi UMJ. Ia mengatakan bahwa salah satu program PUPR yaitu membantu pembangunan prasarana pendidikan.


"Kita akan tindaklanjuti mulai tahun ini, semua ini demi untuk membangun kualitas pendidikan,” ucapnya.


Sebagai informasi, Rusunawa UMJ dibangun oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa I Direktorat Jenderal Perumahan sejak Desember 2022 dan selesai pada Desember 2023.


Menurut keterangan Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Iwan Supriyanti, Rusunawa UMJ terdiri satu tower setinggi tiga lantai dilengkapi PSU (    ), dengan kapasitas hunian sebanyak 36 unit sehingga dapat menampung 140 orang.


Kementerian PUPR telah membangun 2.300 tower rusunawa di seluruh Indonesia. 12 rusunawa diberikan kepada Muhammadiyah dalam kurun waktu 2022 hingga 2024 berlokasi di DKI Jakarta, Yogyakarta, Riau, Sulawesi Tengah, Selatan, dan Tenggara.


"Kami menyadari pendidikan berkualitas tidak hanya menciptakan ruang kelas yang baik, namun juga lingkungan untuk mendukung pemenuhan bagi pengembangan diri mahasiswa,” pungkasnya.rajamedia

Komentar: