Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Beda Soal TKA Asing, Ganjar: Kamu Bisa Gantikan Enggak, Anies: JIS Mahakarya Anak Bangsa

Laporan: Raja Media Network
Selasa, 19 September 2023 | 15:36 WIB
Bacapres Ganjar Pranowo dan Bacapres Anies Baswedan. (Foto: Repro)
Bacapres Ganjar Pranowo dan Bacapres Anies Baswedan. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Jakarta -  Bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo, menyatakan siap memulangkan para tenaga kerja asing (TKA) asal China jika sumber daya manusia di dalam negeri sudah memadai.

Pernyataan Ganjar itu disampaikan dalam kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) bertajuk 'Hendak Ke Mana Indonesia Kita?'.

"Jangan ada yang teriak-teriak ya, itu banyak pegawai China, diusir pak. Ya sudah kita usir besok pagi, tapi kamu bisa gantikan enggak?" ujar Ganjar, Senin (18/9).

Ganjar mengaku belajar dari pengalaman selama memimpin Jawa Tengah, Ia tak ingin bertele-tele membicarakan masalah tersebut jika tak ada orang yang bisa menggantikan tenaga asing.

"Kalau saya bicara blak-blakan. Enggak ada kita bicara 'oh iya ya nanti kita bicarakan', kesuwen (kelamaan). Itu namanya ora (tidak) sat set," katanya.

Ganjar mengatakan pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan semua masalah dengan sempurna. Meski demikian, Ganjar mengatakan bahwa pemimpin harus memberikan optimisme lewat data dan fakta.

"Pemimpin harus memberikan optimisme. Data dan fakta boleh disajikan, dan pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan dengan seluruh kesempurnaan," ujarnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu tak membantah sejumlah masalah yang masih dihadapi Indonesia saat ini, seperti korupsi hingga layanan publik yang buruk.

"Hari ini saya sampaikan, Indonesia tidak terlalu buruk. Track record-nya sudah jelas, bahwa ada problem korupsi iya bahwa ada problem pelayanan buruk, ya nanti kita diskusikan," ucapnya.

JIS gunakan Anak Bangsa

Berbalik dengan Ganjar Pranowo, Bacapres Koalisi Indonesia Perubahan yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jauh-jauh hari mengatakan anak-anak bangsa mampu membangun mahakarya. Anies  menyebut Jakarta International Stadium (JIS) adalah mahakarya yang dibangun sepenuhnya oleh warga Indonesia.

"Mahakarya ini adalah 100 persen dibangun oleh anak-anak bangsa dari keringat orang Indonesia yang dilahirkan dari rahim-rahim ibu Indonesia," kata Anies di JIS, Minggu (24/7/2022).

Anies menyatakan sudah berhasil menepati janji membangun stadion di masa pemerintahannya sebagai gubernur. Anies menuturkan JIS tidak akan terwujud tanpa dukungan dari semua pihak.

"Dari janji lima tahun yang lalu dan The Jak bersedia mempercayai janji itu. The Jak bersedia mengawal janji itu dan hari ini bersama The Jak memenuhi [tribune] stadion yang dijanjikan itu," ucapnya.

Anies memberi apresiasi kepada seluruh pekerja yang membangun JIS dari nol hingga tuntas dan bisa dipakai sesuai fungsinya. Baginya, JIS bukanlah prestasi satu individu.

"Ini bukan kerja satu orang tapi kerja ribuan orang. Maka dari itu saya ucapkan terima kasih kepada pekerja yang tidak tampak di layar manapun tapi bisa membuat stadion ini berdiri," demikian Aniesrajamedia

Komentar: