Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Ribuan Kursi Kosongn PPDB SMA Jadi Temuan Ombudsman Banten, Terbanyak Kabupaten Lebak!

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 11 Juli 2024 | 23:55 WIB
Kantor Ombudsman Banten. [Foto: Repro]
Kantor Ombudsman Banten. [Foto: Repro]

RMBANTEN.COM - Pendidikan - Pelaksanaan PPDB tingkat SMAN tahun ajaran 2024-2025 menyisakan  temuan dari Ombudsman Banten, yaitu adanya 4.683 kursi kosong.

 

Kepala Ombudsman Banten, Fadli Afriadi menyebutkan, kursi kosong terbanyak berada pada jalur prestasi non akademik yaitu 1.431 kursi dan jalur perpindahan orang tua sebanyak 1.464 kursi kosong.

 

"Ombudsman Banten mendata terdapat sebanyak 4.683 kursi kosong pada tingkat SMA. Ini belum termasuk siswa yang diterima namun tidak daftar ulang atau lapor diri,” katanya, Rabu (10/7).

 

Fadli menyebutkan, daerah yang mengalami kursi kosong paling banyak terjadi di Kabupaten Lebak dengan total kursi kosong sebanyak 1.457.

 

Disusul Kabupaten Serang sebanyak 1.048 kursi kosong, Kabupaten Tangerang sebanyak 881 kursi kosong, dan Kabupaten Pandeglang sebanyak 613 kursi kosong.

 

Selanjutnya,  Kota Serang sebanyak 355 kursi. Lalu 158 kursi di Cilegon dan 137 kursi kosong di Kota Tangerang Selatan.

 

“Adapun di Kota Tangerang terdapat 34 kursi Kosong yang semuanya berasal dari sisa kuota jalur perpindahan orang tua,” ujarnya.

 

Temuan ribuan kursi kosong, kata Fadli, sifatnya belum final. Untuk itu pihaknya mendorong transparansi agar kursi kosong dapat diisi siswa.

 

"Temuan ini belum final, tentunya Ombudsman Banten secara intensif akan mengawal dan mendorong transparansi proses pengisian empat ribuan kursi kosong kepada pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten,” pungkasnya.rajamedia

Komentar: