Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

DPP PDIP Tegaskan Pilgub Banten Usung Airin - Ade, Deklarasi Pertengahan Agustus!

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 07 Agustus 2024 | 08:50 WIB
Bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diani di Kantor DPD PDIP Banten pada penjaringan Bacagub Banten. [Foto: AMR/RMB]
Bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diani di Kantor DPD PDIP Banten pada penjaringan Bacagub Banten. [Foto: AMR/RMB]

RMBANTEN.COM -  Pilgub Banten - Dewan Pimipinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjalin kerja sama politik bersama Partai Golkar dalam kontestasi Pilgub Banten 2024.


Pasangan yang diusung dalam kerjasama ini yakni Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.


"Insya Allah orang keduanya dari PDIP, Mbak Airin dari Golkar," ujar Ketua DPP PDIP Said Abdullah di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).


Dikatakan Said Abdullah, calon Wakil Gubernur yang diusung mendampingi Airin merupakan Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi.


Kerja sama politik bersama Golkar, kata Said Abdulah, menandakan PDIP bisa membangun komunikasi politik dengan partai politik mana pun.


"Kan itu sebuah keniscayaan di satu titik Golkar bisa bersama, di titik lain Golkar tidak bisa bersama. Karena setiap Kabupaten/Kota serta Provinsi punya keunikan masing-masing," kata Said.

 

Ketua DPP PDIP Said Abdullah. [Foto: Repro]
 

Deklarasi 14 Agustus

 

Sementara, Sekretaris DPD PDIP Provinsi Banten Asep Rahmatullah menyampaikan sampai saat ini masih terus berkomunikasi untuk mengusung pasangan Airin-Ade di Pilkada Banten 2024.


"Sampai sekarang kita benar usung Airin-Ade, kan selalu saya sampaikan," katanya.


Bahkan Asep juga mengungkapkan deklarasi akan dilangsungkan pada 14 Agustus mendatang, dan saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan terkait tempat dan lokasi deklarasi.


"Tanggal 14 Agustus ini kita akan lakukan deklarasi, untuk tempat masih kita bahas. Belum bisa kita sampaikan sekarang," jelasnya.


Menurutnya, setelah deklarasi sudah menandakan kesiapan untuk berkompetisi dengan Koalisi Banten Maju yang mengusung pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.
 

"Nanti aja kita deklarai. Kalau kita sudah deklarasi berarti siap. Namanya demokrasi kan gitu. Persoalannya tinggal bagaimana berkampanye ke masyarakat. Menyampaikan program karena kedaulatan di tangan rakyat," katanya.
 

Dinamika politik di Pilgub Banten cukup kuat. Airin yang nota bene Ketua pemenangan Prabowo-Gibran justru tidak mendapat dukungan dari KIM. Terbaru bahkan menjadi KIM Plus, yang mendukung pasangan Andra Soni - Dimyati Natakusumah.


Hanya tersisa PDIP dan Golkar yang masih belum bergabung maupun mendeklarasikan koalisi. 
Apabila keduanya sepakat maka koalisi yang dibangun oleh PDIP dan Golkar akan melawan Koalisi Banten Maju yang berisikan 10 partai politik.

10 partai politik tersebut telah resmi menyatakan dukungan untuk pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Andra Soni-Dimyati Natakusumah untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024.

Kesepuluh partai politik yaitu Partai Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PPP, PSI, Garuda dan Prima. Mereka semua sepakat untuk memenangkan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024. rajamedia

Komentar: