Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Virgojanti: Tenaga Pendidikan Berkontribusi Wujudkan Indonesia Emas 2045

Laporan: Iyan Sopian
Jumat, 31 Mei 2024 | 00:17 WIB
Plh Sekda Banten Virgojanti berfoto bersama PPPK tenaga pendidikan. (Foto: Dok Pemprov Banten)
Plh Sekda Banten Virgojanti berfoto bersama PPPK tenaga pendidikan. (Foto: Dok Pemprov Banten)

RMBANTEN.COM - Pandeglang - Peran tenaga pendidikan sangat berkontribusi menuju Indonesia emas 2045. Guru harus memiliki karakter kepemimpinan yang kuat sehingga dapat menciptakan transformasi menuju sistem pendidikan yang unggul.

Begitu disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Virgojanti saat memberikan pembekalan orientasi pengenalan nilai dan etika kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga pendidikan penerimaan 2022-2023 di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Pandeglang, Rabu (30/5).

Menurut Virgo, pembekalan orientasi pengenalan nilai dan etika ini diberikan dengan harapan para PPPK tenaga pendidikan dapat mengabdikan diri di tempat tugasnya masing-masing agar mengenal lebih dalam bentuk perencanaan, pertanggungjawaban, pengelola keuangan, nilai dan etika profesi yang berpedoman terhadap kebijakan umum pemerintah daerah dan payung hukum yang berlaku.

"Kami berharap para PPPK Guru dapat mewujudkan masyarakat sejahtera berakhlak mulia sehat dan cerdas," ucapnya.

Virgojanti menjelaskan tugas para peserta dalam mewujudkan Visi Provinsi Banten dengan mempertajam urusan pemerintah konkuren berupa enam pelayanan dasar urusan wajib, delapan belas urusan non pelayanan dasar dan delapan urusan pilihan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Pelayanan minimal urusan wajib pemerintahan harus dirasakan masyarakat bukan hanya sektor pendidikan juga ada sosial, kesehatan, ketertiban umum, perumahan dan permukiman serta pekerjaan umum," ucap Virgo.

"Tugas Bapak/Ibu mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, sehingga Visi Provinsi Banten yaitu Banten yang mandiri, maju, sejahtera berlandaskan iman dan taqwa dapat terwujud," sambungnya.

Sementara peserta Diklat Orientasi PPPK Firdaus dari SMK Negeri 8 Tangerang mengatakan, pembekalan yang diberikan Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti, menambah pengetahuannya dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidikan.

"Saya mendapatkan pengetahuan yang banyak untuk diterapkan sebagai acuan dalam menjalankan tugas sebagai aparatur pemerintah khususnya sebagai guru," katanya.

"Selain itu juga tadi kita diberikan penjelasan yang sangat detail tentang urusan pemerintahan. Jadi kita tahu jelas tentang permasalahan, tantangan dan solusi yang diberikan oleh Bu Plh Sekda selaku narasumber yang kompeten," demikian tutup Firdaus seperti dilansir dari laman bantenprov.go.idrajamedia

Komentar: