Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Al Muktabar Hadiri Seminar Nasional Pembangunan Giant Sea Wall

Laporan: Iyan Sopian
Kamis, 11 Januari 2024 | 19:44 WIB
Pj Gubernur Banten (paling kiri) saat menghadiri seminar nasional Giant Sea Wall. (Foto: Dok Pemprov)
Pj Gubernur Banten (paling kiri) saat menghadiri seminar nasional Giant Sea Wall. (Foto: Dok Pemprov)

RMBanten.com - Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri seminar nasional strategi perlindungan kawasan Pulau Jawa melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall) di Grand Ballroom Hotel Indonesia Jakarta, Rabu (10/1).

Al Muktabar mengatakan sesuai dengan regulasi Pemerintah Provinsi Banten serta kewenangan Pemerintah Provinsi terhadap 12 mil laut pihaknya hingga saat ini banyak melakukan kerja sama multipihak, pengaturan kawasan pantai dan pesisir laut.

"Itu menjadi program kerja agar mengurangi dampak negatif terhadap kelestarian lingkungan," ujarnya.
Menurut Al Muktabar, dampak yang dirasakan masyarakat salah satunya perubahan iklim seperti gelombang tinggi, ombak dan arus kuat yang dapat menyebabkan abrasi, banjir rob, rusaknya fasilitas wisata serta berdampak terhadap kualitas hidup masyarakat.

"Seminar nasional ini sangat penting bagi Provinsi Banten. Karenanya pembahasan tentang tanggul pantai maupun tanggul laut menjadi suatu hal yang penting bagi Provinsi Banten," ungkapnya.

Dijelaskan Al Muktabar, Wilayah Provinsi Banten yang termasuk ke dalam wilayah Pantai Utara (Pantura) merupakan kawasan pariwisata dan kawasan pertumbuhan ekonomi juga padat penduduk yang perlu bersinergi  kepada semua pihak terutama terhadap daya dukung lingkungan, sehingga lingkungan itu menjadi produktif serta meningkatnya kualitas hidup masyarakat.

"Aktivitas lahan dan kawasan Pantura di Provinsi Banten perlu kita sinergikan", pungkas Al Muktabar.

Seminar Nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI, berkolaborasi dengan Universitas Pertahanan salah satunya melakukan pembahasan upaya perlindungan yang lebih masif terhadap kawasan Pantura dan Pulau Jawa.

Sebagai opsi pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall) untuk menjadi upaya mitigasi jangka panjang yang tidak hanya untuk perlindungan berlapis dari ancaman banjir rob dan penurunan muka tanah, namun juga penyediaan air bersih lepas pantai, peningkatan konektivitas antar wilayah dan pengembangan kawasan baru di daerah pesisir.rajamedia

Komentar: