Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Jadi Prioritas! DKBP3A Kabupaten Serang Gencarkan Program Keluarga Berencana

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 06 Mei 2024 | 06:36 WIB
Sosialiasi Program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Serang {Foto: AMR/RMB)
Sosialiasi Program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Serang {Foto: AMR/RMB)

RMBANTEN.COM - Serang - Program keluarga berencana (KB) merupakan salah satu prioritas Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang.

Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Encup Suplikah mengatakan, dari jumlah pasangan usia subur (PUS) sebanyak 280.419, sebanyak 220.824 di antaranya sudah mengikuti program KB atau jika dipersentasikan sebanyak 72,3 persen.

"Dari jumlah itu, 13.976 di antaranya atau 17,4 persen sudah menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP)," ujar Encup.

Dikatakan Encup Suplikah, tahun ini pihaknya memiliki target program KB sebanyak 6.000 lebih. Pihaknya merasa optimistis target tersebut dapat terealisasi dengan baik.

Untuk mengejar target itu pihaknya menggencarkan program gerakan KB dengan targtet 15 ribu akseptor. Gerakan ini juga akan mendapatkan rekor MURI.

"Target kita 50 akseptor per desa, karena kita secara keseluruhan masih punya target yang belum ber KB itu sebanyak 66 ribu,” kata Encup.

Selain itu, kata Encup, pihaknya juga memiliki mitra kerja yang langsung terjun ke masyarakat. Yakni tim pendamping keluarga (TPK) sebanyak 3.750 orang, Pos KB sebanyak 326 orang, dan Sub Pos KB sebanyak 1.451 orang.

"Mereka berperan aktif dalam memberikan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat untuk program KB. Disitu dilakukan penguatan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa ber KB itu penting, mereka juga terus memberikan laporan ke kita secara berkala baik itu melalui online ataupun manual,” katanya.

Lanjut Encup, pihaknya juga memiliki sebanyak 26 Balai Penyuluh KB yang tersebar di kecamatan. Balai ini menjadi pusat pelayanan dan edukasi KB kepada masyarakat.

"Dari 29 Kecamatan di Kabupaten Serang, tinggal tiga Kecamatan lagi yang belum ada balai KB, yakni Pamarayan, Cikande dan Kibin,” ujarnya.

Menurut Encup, pembangunan balai KB ini, dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Namun untuk tanahnya harus merupakan hibah dari Pemkab Serang.

"Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, untuk tiga kecamatan ini kita masih cari tempatnya,”  demikian tutup Encup Suplikah. [adv]rajamedia

Komentar: