Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Tingkatkan Peran Wanita Dalam Pembangunan, DKBP3A Kabupaten Serang Selenggarakan Program P2WKSS

Laporan: Raja Media Network
Selasa, 06 Juni 2023 | 09:00 WIB
DKBP3A Kabupaten Serang akan mengadakan program P2WKSS. (Foto: Dok Pemkab)
DKBP3A Kabupaten Serang akan mengadakan program P2WKSS. (Foto: Dok Pemkab)

RMBanten.com - Serang - Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang terus memaksimalkan kinerjanya sesuai dengan indikator kinerja utamanya.

Berbagai program telah dicanangkan DKBP3A Kabupaten Serang pada tahun ini. Salah satunya program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS).

Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Tarkul Wasyit mengatakan, program ini akan diselenggarakan di Kecamatan Cikeusal yakni di Desa Dahu dan Desa Mompok.

Program ini akan melibatkan berbagai OPD di Pemkab Serang. Pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi bersama OPD dan sudah dilakukan bimbingan teknis (Bimtek).

Dalam program ini, ada 100 kepala keluarga (KK) yang menjadi sasaran pembinaan.

“Masing-masing OPD sduah siap untuk melaksanakan program tersebut,” ujar Tarkul Wasyit.

Tarkul menjelaskan, program terpadu P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan.

Dalam program ini, dilakukan pengembangan SDM dan SDA serta lingkungan, untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa, dengan perempuan sebagai penggeraknya.

"Program P2WKSS merupakan upaya pemerintah bersama dengan masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan melalui peningkatan peran. P2WKSS merupakan program yang dilaksanakan setiap tahun. Tujuan program ini di antaranya adalah untuk meningkatkan status pendidikan, kesehatan dan ekonomi," ujar Tarkul.
 
Lebih lanjut Tarkul menambahkan, program ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi desa. Yakni untuk mendorong dan menggalakkan peran serta masyarakat secara aktif sebagai upaya mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera agar tercipta pembangunan masyarakat desa, dengan perempuan sebagai penggeraknya.

"Pengembangan keluarga terutama wanita dan anak merupakan salah satu upaya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat," demikian tutup Tarkul. (adv)rajamedia

Komentar: