Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Sosok Ridwan Kamil Dinilai Tepat Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

Laporan: Raja Media Network
Kamis, 07 September 2023 | 21:41 WIB
Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo. Foto: IST
Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo. Foto: IST

RMBanten.com - Nama mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali muncul dalam bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk mendampingi Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Bahkan, Pengamat politik Ade Reza Hariyadi menyebut Ridwan Kamil alias Kang Emil bisa menutupi kelemahan Ganjar di Jawa Barat (Jabar).

"Karena bagaimanapun juga basis politik suara Pak Ganjar utamanya berada di Jateng dan Jabar merupakan salah satu wilayah dengan konsentrasi pemilih yang paling besar di Indonesia. Jadi, mungkin itu menjadi pertimbangan," kata dia saat dihubungi, Kamis (7/9).

Jika pasangan Ganjar-Kang Emil dipasangkan, keduanya akan klop lantaran kinerja keduanya tergolong baik dalam memimpin provinsi masing-masing.

"Salah satu nilai tambah dalam membangun persepsi publik tentang keberhasilan mereka (Ganjar dan Kang Emil) dalam pemerintahan yang bisa direplikasi kalau mereka mencalonkan diri sebagai capres dan cawapres," terangnya.

Reza menilai, tak mudah untuk meminang Kang Emil sebagai Cawapres Ganjar. Pasalnya, Kang Emil saat ini sudah menjadi kader Golkar.

Dan, Agustus lalu, Golkar telah bergabung dalam koalisi parpol pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Akan tetapi, dinamika politik masih sangat cair. Selama belum didaftarkan nama paslon belum didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), kejutan-kejutan masih mungkin terjadi. 

"Jadi peluang Pak Ganjar dan Pak Ridwan Kamil untuk berduet saya kira sangat terbuka sekali. Bisa saja Golkar di tengah jalan mengubah keputusan politiknya atau mungkin bisa juga Pak Ridwan Kamil di tengah jalan mengubah tujuan politiknya untuk tanpa harus mempertimbangkan statusnya di Golkar. Tetapi, keputusan secara pribadi untuk menjadi pasangan Pak Ganjar Pranowo," jelasnya.

Diketahui, dari hasil survei Charta Politica yang dirilis Juli lalu. Ridwan Kamil punya elektabilitas 38% di Jabar jika diposisikan sebagai Cawapres.

Kang Emili mengguguli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (18,7%), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (9,1%), dan Menteri BUMN Erick Thohir (6,4%).

Sebelumnya, Ketua DPP PDI-Perjuangan Ahmad Basarah mengungkapkan saat ini tengah menggodok sejumlah nama untuk dijadikan pendamping Ganjar. Kang Emil termasuk salah satu nama yang dipertimbangkan secara serius. 

"Saya kira Pak RK (Ridwan Kamil) sebagai salah satu tokoh kepala daerah yang dinilai juga sukses memimpin Jabar sebagai satu kandidat yang masuk dalam pertimbangan-pertimbangan tersebut," kata Basarah.rajamedia

Komentar: