Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Rizki, Cowok Ganteng Peraih Medali Emas Olimpiade Paris Ternyata 'Wong' Serang

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 09 Agustus 2024 | 10:29 WIB
Rizki Juniansyah raih emas cabang angkat berat di Olimpiade Paris 2024. [Foto: Miguel Medina/AFP]
Rizki Juniansyah raih emas cabang angkat berat di Olimpiade Paris 2024. [Foto: Miguel Medina/AFP]

RMBANTEN.COM - Paris - Sejarah baru dunia hadir dari cabor angkat besi di Olimpiade Paris 2024. Adalah Rizki Juniansyah mempersembahkan emas untuk Indonesia.

 

Pria berkacamata kelahiran Serang, Banten, 17 Juni 2003 itu mendulang emas dari cabor yang ditekuninya, angkat berat, di nomor 73kg.

 

Rizki –yang punya  hobinya mengendarai motor itu, mengangkat besi seberat 354kg di South Paris Arena, Paris, Jumat (9/8) dini hari WIB.

 

Melansir laman jpnn, Rizki tidak langsung 354kg. Rizki mengangkat beban seberat 155kg saat snatch dan 119kg saat clean and jerk.


 

Rizki Juniansyah di Paris 2024. Foto: Miguel Medina/AFP

 

Snatch adalah angkatan pertama yang diperlombakan, yang kemudian disusul clean and jerk.

 

Snatch adalah jenis angkatan langsung tanpa jeda. Lifter (sebutan buat atlet angkat besi) harus mengangkat beban dari lantai tanpa boleh menekuk lutut sampai kedua tangan mengangkat barbel, lurus di atas kepala dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah.

 

Sementara itu, pada clean and jerk, atlet dengan paras ganteng itu mengangkat barbel dalam dua tahap.


Pertama, mengangkat beban dari lantai sampai batas dada dengan posisi jongkok. Setelah jeda sebentar, mengambil ancang-ancang, kemudian mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus di atas kepala, dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah.


Kedua, jenis angkatan itu bisa dilombakan satu per satu, tetapi juga bisa digabung sehingga rekor atlet adalah penjumlahan beban maksimal dari total angkatan snatch dan clean and jerk.

 

Rekor Rizki

 


Paris 2024 memang merupakan Olimpiade pertama buat Rizki. Namun, naman pria ‘wong’  (berasal) Serang Banten itu, sudah harum di dunia angkat berat dunia.

 

Rizki-lah pemegang rekor dunia junior snatch 73kg dan pemilik rekor dunia total 73kg.rajamedia

Komentar: