Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Ratusan Umat Budha Peringati Hari Waisak di Kelenteng Co Su Kong Tanjung Kait

Laporan: Raja Media Network
Senin, 19 Juni 2023 | 05:18 WIB
Peringatan Waisak di Kelenteng Co Su Kong Tanjung Kait Ditandai Penandatanganan Pilar Asoka. (Foto: Dok Pemkab)
Peringatan Waisak di Kelenteng Co Su Kong Tanjung Kait Ditandai Penandatanganan Pilar Asoka. (Foto: Dok Pemkab)

RMBanten.com - Tangkab - Peringatan Waisak di Kelenteng Co Su Kong Tanjung Kait Kabupaten Tangerang sekaligus penandatanganan prasasti dan peresmian Pilar Asoka dihadiri ratusan umat Buddha, paa Minggu (18/6).

Diketahui, hari suci Waisak bagi Umar Buddha merupakan peristiwa penting yang menjadi tonggak atau awal lahirnya agama Buddha. Peristiwa ini menjadi istimewa bagi umat Buddha karena merupakan momentum untuk merenungkan kembali nilai-nilai luhur ajaran Sang Buddha.

Menurut Ketua Forum Keberagaman Umat Beragama Kabupaten Tangerang H. Maski, kemeriahan acara tersebut tidak hanya dirasakan umat Buddha melainkan masyarakat berbagai agama ikut memeriahkannya.

"Hari ini (kemarin) betul-betul menggambarkan kerukunan umat beragama, tidak hanya untuk umat Buddha tetapi secara keseluruhan karena yang hadir dari semua kalangan beragama. Ke depan saya berharap momen seperti ini bisa terus ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas agar kerukunan beragama bisa terus menyebar,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Jumarni menyebutkan, Pilar Asoka yang telah diresmikan merupakan pilar yang menggambarkan kerukunan. Pada pilar tersebut tertulis 4 lembar yang berisi kerukunan beragama.

"Semoga dengan didirikannya Pilar Asoka di Tanjung Kait ini umat Buddha mengerti apa yang ada dalam Ashoka itu sendiri. Saya berharap masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang menjaga kerukunan sesama umat dan berbeda umat, agar Negara kita damai, maju dan sejahtera,” ujar Jumarni melansir laman tangerangkab.

Acara peringatan hari Waisak dihadiri beberapa tokoh seperti Ketua FUB Provinsi Banten, Ketua FKUB Provinsi Banten, Bupati Tangerang yang diwakili Sekretaris Daerah, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten Serta Dirjen Bimas Buddha Kementrian Agama RI.

Para tokoh tersebut juga turut memberikan sambutan dalam peringatan Waisak tersebut.

Sebagai informasi dalam rangkaian acara tersebut Bupati A. Zaki Iskandar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Moch. Maesyal Rasyid mendapat penghargaan sebagai Tokoh Kerukunan Umat Beragama. Setelah mendapat penghargaan dilanjutkan dengan penandatanganan peresmian Pilar Asoka serta pemotongan pita tanda bahwa Pilar Asoka telah di resmikan.rajamedia

Komentar: