Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Lawan Obesitas, Ayo Gerak dan Asupan Gizi Seimbang

Laporan: Raja Media Network
Jumat, 14 Juli 2023 | 09:46 WIB
Kepala Dinkes, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni. (Foto: Dok Pemkot)
Kepala Dinkes, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni. (Foto: Dok Pemkot)

RMBanten.com - Tangerang - Dinas Kesehatan Kota Tangerang terus mengingatkan pentingnya menjaga asupan gizi seimbang, dengan diimbangi melakukan aktivitas fisik. Hal itu untuk mencegah penyakit obesitas.

Kasus obesitas ekstrim sendiri banyak bermunculan dan viral diberbagai sosial media dan pemberitaan, termasuk di Kota Tangerang.

Lalu bagaimana supaya kita terhindar dari obesitas?

Kepala Dinkes, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni memberikan langkah-langkah hidup sehat. Menurut Dini, seimbangkan makanan dengan aktivitas yang bisa kita lakukan, diantaranya pilih makanan yang sehat, masak dengan sehat, dan sajikanlah dengan sehat.

Selain itu, sesuaikan kebutuhan untuk aktivitas sehari-hari tentu dengan isian piring yang sehat bukan isi piring yang menjerumuskan ke kasus obesitas.

Dijelaskan Dini, obesitas merupakan pintu masuk bagi berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM), maka perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan. Pencegahan obesitas dengan menyeimbangkan jumlah energi yang masuk dengan yang dikeluarkan.

"Dimulai dari menghindari konsumsi minuman ringan dan bersoda, membatasi konsumsi gula, garam dan lemak secara berlebihan, kurangi stress dengan berpikir positif dan mengenali emosi makan, melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit dalam sehari. Pastinya, ayo bergerak dan rutin menimbang berat badan secara teratur dan tidak ragu melakukan konsultasi ke dokter gizi atau nutrisi,” ujar Dini.

Diakui Dini, melakukan olahraga teratur sulit dilakukan. Karenanya, ia menyontohkan dengan mengatur urutan mengisi piring.

Diawali dengan sayur dan diakhiri dengan karbonhidrat. Usahakan piring terusu penuh oleh makanan bergizi sebelum ditambah dengan karbohidrat.

"Kalau susah mengatur olahraga, sekarang kita atur makannya. Kalau menyediakan konsumsi makan, menatanya piring dulu, lalu sayur, setelah sayur lauk, setelah lauk buah, kemudian karbohidrat, jadi piringnya sudah penuh dengan makanan yang sehat dulu sebelum ditambahi karbohidrat,” ujarnya.

Sebagai informasi, Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mengeluarkan data bahwa pada Mei 2023, ada 20 ribu warga Kota Tangerang mengalami kondisi obesitas.

Jumlah itu merupakan hasil skrining dengan sasaran diatas 15 tahun, dan ditemukan juga hasil terkonfirmasi obesitas didominasi oleh usia 20 hingga 50 tahun.rajamedia

Komentar: