Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Kakemenag Banten: Tahun Ini Terjadi Peningkatan Jamaah Haji dari Banten ke Tanah Suci

Laporan: Raja Media Network
Rabu, 15 Mei 2024 | 10:40 WIB
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten Nanang Fatchurochman. (Foto: Dok Antara)
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten Nanang Fatchurochman. (Foto: Dok Antara)

RMBANTEN.COM - Serang - Jumlah jamaah haji asal Provinsi Banten yang berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun 2024 ini mencapai 10.316 jamaah.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 413 jemaah dibandingkan tahun sebelumnya yang berangkat 9.903 jemaah. Dari jumlah itu sedikitnya terdapat 27 kelompok terbang (Kloter) jemaah haji asal Banten.

Peningkatan jumlah kuota haji di Banten merupakan hasil limpahan dari Provinsi DKI Jakarta dan Lampung.

"Sebelumnya kuota jamaah haji Provinsi Banten sebanyak 9.903 jamaah haji. Banten mendapat limpahan dari Provinsi DKI Jakarta dan Lampung sehingga total jamaah haji dari Provinsi Banten yang berangkat tahun ini menjadi 10.316 jamaah yang dibagi menjadi 27 Kelompok Terbang (Keloter),” Kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten, Nanang Fatchurohman.

Peningkatan jumlah jemaah haji asal Banten, dikatakan Nanang menandakan bahwa kesadaran masyarakat Banten untuk menunaikan ibadah haji semakin meningkat.

"Ini juga dapat dilihat dari kenaikan yang signifikan calon jamaah haji di Provinsi Banten yang masuk kedalam daftar tunggu (waiting list) keberangkatan setiap tahun," ujar Nanang.

Lanjut Nanang, peningkatan itu terus diimbangi dengan pelayanan bagi jamaah dan calon jamaah sehingga pemerintah pusat, daerah dan instansi/lembaga penyelenggara haji terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para jamaah dalam menjalankan ibadah haji.

"Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah, baik pemondokan, catering, pelayanan kesehatan, transportasi, dan lain-lain, dari tahun ke tahun selalu ditingkatkan,"ujar Nanang.

"Kemenag RI dalam menyelenggarakan haji mendapatkan respon positif dengan indeks kepuasan jamaah haji tahun 2023 sebesar 90 persen atau mendapatkan predikat sangat memuaskan. Ini tentunya berkat kerja sama dan dukungan semua Instansi penyelenggara Haji baik pusat maupun daerah," demikian Nanang.

Diketahui Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Banten, Al Muktabar melepas keberangkatan Jamaah Haji Provinsi Banten Kloter 7 JKG Kabupaten Tangerang Tahun 1445 H/2024 di Aula Masjid Agung Al Amjad Jl. H. Soemawinata No.3 Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Senin (13/5).

Pelepasan Jamah Haji Provinsi Banten wilayah Kabupaten Tangerang ini ditandai dengan kumandang adzan dan iqomah serta pengibaran bendera star oleh Al Muktabar sebagai tanda jalannya kendaraan BUS Jamaah Haji.

Al Muktabar mendoakan para jamaah haji dapat menjadi haji yang mabrur dan mempertahankannya serta menjadi suri tauladan dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

"Doa kami para jamaah haji Provinsi Banten kembali ke tanah air Republik Indonesia serta menjadi haji yang mabrur dan dapat menjadi suri tauladan dalam kehidupan bermasyarakat,” ucap Al Muktabar.

"Tak lupa juga kita mendoakan agar saudara-saudara kita di tahun yang akan datang mendapat panggilan oleh Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji," demikian Al Muktabarrajamedia

Komentar: