Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Desa Pete Kabupaten Tangerang Wakili Provinsi Banten di Ajang Lomba Proklim

Laporan: Raja Media Network
Minggu, 06 Agustus 2023 | 01:57 WIB
Tim verifikasi dari KLHK meninjau RW 05 Desa Pete Kabupaten Tangerang yang mewakili Provinsi Banten di ajang Proklim nasjonal. (Foto: Repro)
Tim verifikasi dari KLHK meninjau RW 05 Desa Pete Kabupaten Tangerang yang mewakili Provinsi Banten di ajang Proklim nasjonal. (Foto: Repro)

RMBanten.com - TangKab - Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang mewakili Provinsi Banten untuk mengikuti lomba Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Lomba ini diikuti RW 05 Desa Pete, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Lomba tersebut sudah memasuki tahap verifikasi pada Jumat, (4/8) lalu.

Tim dari KLHK melakukan penilaian terhadap adaptasi dan mitigasi masyarakat berupa perubahan gaya hidup dalam mengurangi gas emisi rumah kaca untuk menurunkan suhu bumi 2 derajat.

Penilaian lainnya adalah program kegiatan masyarakat setempat yang meliputi pengadaan bank sampah serta membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT).

Proklim merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk meningkatkan ketahanan iklim dan menurunkan emisi atau meningkatkan serapan gas rumah kaca (GRK).

Selain itu, memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan dan dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Ketua Forum Bank Sampah Kabupaten Tangerang Susiyanti mengungkapkan, Bank Sampah Asyifa Berkah yang berada di RW 05 Desa Pete terpilih menjadi titik penilaian Proklim karena sudah mendapatkan pembinaan sejak 2012 dan pada tahun 2018 mendapatkan predikat proklim Utama.

“Untuk bank sampah yang ada di RW 05 Desa Pete ini berdiri sejak 2015 dan sebelumnya diberikan pembinaan dari tahun 2012, sampai saat ini sudah ada 14 bank sampah yang telah beroperasi dan berhasil terpilih menjadi titik penilaian untuk mendapatkan predikat Proklim Lestari,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Achmad Taufik mengatakan, kegiatan ini bukan sekadar perlombaan melainkan peran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup.

"Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat maka Pemerintah memberikan kesempatan untuk masyarakat dalam membangun lingkungan sekitar agar terasa nyaman terutama kebersihan lingkungan, maka selanjutnya pemerintah yang akan memfasilitasi berupa pembinaan dan sosialisasi,” ujarnya

Achmad Taufik berharap kegiatan yang dilakukan masyarakat RW 05 Desa Pete bisa tersebar ke berbagai desa di Kabupaten Tangerang agar masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan.

"Saya berharap masyarakat bisa bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan asri sehingga mereka semua bisa nyaman untuk tinggal disini dan dampak positifnya mereka akan terus sehat jika selalu menjaga kebersihan,” demikian tutup Achmad Taufik melansir laman resmi Pemprov Banten. .

Sebagai informasi perlombaan tersebut telah memasuki tahap kedua yang dimana  terdapat 5 Provinsi yang terpilih salah satunya yaitu Provinsi Banten yang diwakili oleh Rw 05 Desa Pete. Untuk tahapan Proklim yaitu Tahapan Proklim Pratama, Proklim Madya, Proklim Utama dan Proklim Lestari.rajamedia

Masjid Gyanvapi -
Pos Sebelumnya:
Agama Arkeolog
Pos Berikutnya:
Tabasheer Porang
FOTO: Repro
Komentar: