Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Dasco: KIM Plus Sepakat RK - Suswono di Pilgub Jakarta, , Deklarasi 19 Agustus!

Laporan: Iyan Sopian
Kamis, 15 Agustus 2024 | 07:06 WIB
Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan dipasangkan dengan Suswono di Pilgub Jakarta. [Foto: Repro]
Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan dipasangkan dengan Suswono di Pilgub Jakarta. [Foto: Repro]

RMBANTEN.COM -  Pilgub Jakarta - Dinamika jelang pemilihan kepada daerah (Pilkada) Jakarta, konstetasi semakin panas saja. Anies Baswedan yang nota bene calon petahana kemungkinan besar ditinggal oleh PKS yang akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.


KIM Plus sendiri bahkan sudah mengatir  tanggal deklarasi.

 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat akan memajukan calon gubernur Ridwan Kamil dan wakilnya Suswono dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.


"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," ujar Dasco di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (14/8).


"Ya nanti untuk mengumumkannya apakah kemudian berapa partai atau semua partai kita akan rencanakan nanti,” sambung Dasco.


Diketahuo, Suswono merupakan salah satu kader elite di Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namanya muncul setelah Anies dianggap gagal meyakin partai-partai yang ingin diajak berkoalisi.


Sebagai pemenang Pileg di Jakarta, PKS punya kewenangan untuk menentukan arah politiknya. Termasuk agenda bersama Anies yang disebut sudah tenggat waktu pada 4 Agustus 2024.


PKS sendiri telah bermanuver. Mereka punya hak membuat keputusan untuk bergabung dengan skuad pemerintahan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto di bawah arahan partai Gerindra.


Sebagai partai penguasa di Jakarta, PKS pun berhak menentukan calon kepada Gerindra dan partai lain di KIM.


Dasco juga meng-iyakan pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) yang menyebut bahwa pasangan RK adalah benar Suswono dari pihak PKS.


"Ya (Suswono) itu kan nama yang beredar, ada juga ya tadi mungkin Pak Zulhas (ketua Umum PAN Zulkfili Hasan) sudah ngomong, tapi pokoknya kita resminya umumkan tanggal 19. Siang atau sore,” papar Dasco.

"Pokoknya yang dikita sepakat paslonnya satu, gubernurnya satu wagubnya satu,” tandasnya.rajamedia

Komentar: