Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

HUT BHAYANGKARA KE -78

Apresiasi Kinerja Polri, Jokowi Ingatkan Netralitas Jelang Pilkada Serentak 2024

Laporan: Raja Media Network
Senin, 01 Juli 2024 | 21:07 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan upacara peringatan HUT Polri ke-78 atau Hari Bhayangkara yang digelar di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (1/7). (Foto: Humas Setkab)
Presiden Jokowi memberikan sambutan upacara peringatan HUT Polri ke-78 atau Hari Bhayangkara yang digelar di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (1/7). (Foto: Humas Setkab)

RMBANTEN.COM - Jakarta - Kerja keras dan pengabdian seluruh anggota Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses demokrasi Pemilu 2024 serta agenda-agenda besar pembangunan Indonesia mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pernyatan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam peringatan HUT Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, di Pelataran Merdeka Monumen Nasional Jakarta, Senin (1/7)

Presiden juga menyampaikan ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-78 kepada seluruh keluarga besar Polri di seluruh Indonesia.

"Polri yang memiliki peran sentral di masyarakat. Selalu bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Polri tidak ada liburnya. Polri ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan bagi Polri. Tapi di sisi lain, artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak-gerik dan tindak tanduk Polri,” ujar Jokowi.

Netralitas Pilkada

Presiden Jokowi mengingatkan pihak kepolisian untuk tetap menjaga netralitas jelang gelaran Pilkada Serentak 2024.

"Sebentar lagi kita masuki tahapan Pilkada. Saya minta Polri turut mendukung dan mensukseskan, jaga netralitas, jaga stabilitas, dan jaga demokrasi kita agar Pilkada dapat berlangsung aman, jujur, dan adil," tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa Polri memiliki peran sentral. Selain itu, Jokowi menyebut Polri selalu bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat sehingga terkadang tak memiliki libur.

"Polri ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan. Tapi di sisi lain artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak gerik dan tindak tanduk Polri," ujarnya.

Jokowi juga mengingatkan anggota Polri agar tetap menjunjung tinggi Tribrata Polri dalam menjalankan tugas serta menjaga sinergisitas dengan TNI.

"Sekali lagi selamat Hari Bhayangkara ke-78, jadilah insan Bhayangkara yang menjunjung tinggi Tribrata Polri yang solid secara internal dan sinergis secara eksternal khususnya dengan TNI dan setia melayani dan mengayomi masyarakat," pungkasnya.

Hadir pada kesempatan ini Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto,  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Hadir juga Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 RI Muhammad Jusuf Kalla, istri Presiden ke-4 RI Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, para pimpinan lembaga tinggi negara, serta para duta besar negara-negara sahabat.rajamedia

Komentar: