Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

DPMD Kabupaten Serang Bina Perangkat Desa Guna Mengantisipasi Penyelewengan

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 09 Mei 2024 | 07:14 WIB
Kepala DPMD Kabupaten Serang Haryadi. (Foto: Repro)
Kepala DPMD Kabupaten Serang Haryadi. (Foto: Repro)

RMBANTEN.COM - Serang - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang terus berupaya untuk mewujudkan roda pemerintahan desa yang efektif dan minim penyelewengan.

Salah satunya, dengan melakukan pengembangan terhadap sumber daya manusia (SDM) di desa. Desa sendiri merupakan ujung tombak pelayanan terhadap masyarakat.

Kepala DPMD Kabupaten Serang Haryadi mengatakan, ada beberapa program yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan pemerintahan desa yang efektif. Salah satunya dengan melakukan pembinaan terhadap kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Bimtek dilakukan supaya mereka mengetahui peran dan fungsinya dalam pelaksanaan roda pemerintahan di desa. Sehingga mereka mengetahui kewenangan dan batasan-batasan jabatannya.
Haryadi mengatakan," ujarnya.

Dikatakan Haryadi, Bimtek dalam rangka meningkatkan kapasitas Kepala Desa dan Ketua BPD.

"Bimtek ini bertujuan untuk memaksimalkan anggaran, serta meminimalisasi penyalahgunaan anggaran tersebut," ujarnya.

Selain itu, kata Haryadi, juga untuk memberikan pemahaman mendalam terkait tugas dan fungsi kepala desa dan Ketua BPD yang harus mampu saling bersinergi, baik dalam menjalankan program maupun dari sisi pengawasan.

"Pelaksanaannya setelah lebaran Idul Fitri, mungkin antara April atau Mei, tapi nanti Bimteknya terpisah antara kades dan BPD,” demikian tutup Haryadi. (adv)rajamedia

Komentar: