Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Poltracking Indonesia Temukan Elektabilitas AMIN Trennya Terus Naik, Pilpres Fiks Dua Putaran!

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 20 Januari 2024 | 20:18 WIB
Elektabilitas Capres dan Cawapres menurut Lembaga Survei Poltracking Indonesia. (Foto: Repro)
Elektabilitas Capres dan Cawapres menurut Lembaga Survei Poltracking Indonesia. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Jakarta -  Jajak pendapat dari Lembaga Survei Poltracking Indonesia, elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menduduki peringkat kedua. Tingkat keterpilihan pasangan Anies-Muhaimin mencapai 26,9 persen.

"Kenaikan yang cukup lumayan yaitu hampir 4% terjadi pada pasangan Anies-Muhaimin," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, Jumat (19/1).

Dalam survei ini, posisi pertama masih dipegang pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Elektabilitas pasangan nomor urut 2 itu sebesar 46,7 persen.

Sedangkan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD jauh tertinggal dari dua pesaingnya dengan hanya memiliki elektabilitas 20,6 persen.

Dalam survei ini terdapat 5,8 persen responden yang tidak menjawab.

Survei ini dilakukan pada 1-7 Januari 2024 dengan melibatkan 1.220 responden.

Proses wawancara dilakukan melalui metode tatap muka. Margin of error dalam survei ini mencapai 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan hasil survei tersebut, belum ada paslon yang berpotensi memenangkan Pilpres dalam satu putaran. Sehingga peluang Pilpres dua putaran masih lebih besar.

Pasangan Prabowo-Gibran diprediksi bakal berhadapan dengan Anies-Muhaimin dalam putaran kedua Pilpres 2024. Hal ini berkaca pada tren elektabilitas kedua pasangan itu yang terus meningkat.rajamedia

Komentar: