Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Bawaslu Tangsel Deteksi Ratusan 'DPT Fiktif', Benyamin: Kemungkinan Kluster Baru!

Laporan: Lani Fahrudin
Rabu, 03 Januari 2024 | 15:13 WIB
Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan terkait temuan yang diduga DPT Fiktif. (TangkapanLayar)
Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan terkait temuan yang diduga DPT Fiktif. (TangkapanLayar)

RMBanten.com - Tangsel - Ratusan yang diduga "DPT siluman" atau pemilih fiktif yang tercatat KPUD Tangsel ditemukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan, Banten.

Atas temuan itu, Bawaslu Kota Tangerang Selatan mewaspadai adanya daftar pemilih fiktif usai dilakukannya pendataan ulang.

Ditemukan sebanyak 857 daftar pemilih tetap (DPT) terindikasi pemilih fiktif, karena nama dan alamat yang tertera tidak jelas.

Selanjutnya, Bawaslu Kota Tangerang Selatan akhirnya melayangkan surat ke KPUD Tangsel untuk menindaklanjuti dan memverifikasi temuan tersebut.

Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menginstruksikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangerang Selatan, Dedi Budiawan, untuk menindaklanjuti temuan Bawaslu.

Disdukcapil Tangerang selatan diinstruksikan segera memverifikasi data bermasalah tersebut.

"Kepala dinas berkoordinasi untuk 854 itu dicek dulu, kok RT-nya kosong kosong RW kosong kosong,” ucap Benyamin.

Ia menambahkan, dugaan sementara dari penjelasan RT dan RW dalam data yang masih kosong merupakan klaster baru. Data bermasalah karena perubahan sedang berjalan.

"Mungkin ini cluster baru. Belum dibentuk RT sementara pas hari itu dia membuat KTP, gitu kan ya. Udah langsung dibikin RT 00 RW 00. Solusinya antara lain cek di lapangan. Kalau belum dibentuk RT dan RW baru, nempel dulu ke RT dan RW terdekat,” pungkas Benyamin melansir Headline News di Metro TV, Rabu, 3 Januari 2024.rajamedia

Komentar: