Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Suksekan Pemilukada 2024, Pemkab Tangerang Gelar Sosialisasi Penguatan Etika Politik

Laporan: Raja Media Network
Selasa, 18 Juli 2023 | 14:37 WIB
Sosialisasi penguatan etika budaya politik bagi kader partai politik (parpol) di Kabupaten Tangerang. (Foto: Dok Pemkot)
Sosialisasi penguatan etika budaya politik bagi kader partai politik (parpol) di Kabupaten Tangerang. (Foto: Dok Pemkot)

RMBanten.com - Tangkab - Sosialisasi penguatan etika budaya politik bagi kader 18 partai politik (parpol) di Kabupaten Tangerang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Tercatat ada 120 kader parpol hadir dalam acara yang dilaksanakan di Hotel Istana Nelayan, Kabupaten Tangerang, Selasa (18/7).

Sekretaris Badan Kesbangpol, HA Kasori menyampaikan tujuan digelarnya kegiatan dalam rangkaa menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024. Selain itu, Pemkab Tangerang bermaksud menjaga kondusivitas dan keamanan menjelang tahun politik.

Sejumlah pihak hadir sebagai narasumber, seperti Komisioner Bawaslu Provinsi Banten Badrul Munir dan Akademisi Dr Nuryati Solapari.

"Ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjaga kondusivitas menjelang tahun politik 2024. Pemkab Tangerang perlu untuk memberikan sosialisasi agar pemilu dan pilkada nanti dapat terlaksana dengan sukses, aman, jujur dan adil," ujar Kasori.

Djelaskannya, kader politik harus memiliki budaya politik yang baik jelang pelaksanaan Pilkada 2023. Hal tersebut dapat mempengaruhi pola perilaku masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu, etika budaya politik merupakan salah satu pondasi dasar dalam pesta demokrasi mulai dari pemilihan legislatif, pilkada hingga pemilu.

"Suksesnya pesta demokrasi juga dapat dibagun dari pemahaman masyarakat tentang etika budaya politik, sehingga nantinya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan dapat mempengaruhi kualitas demokrasi di Indonesia," ujarnya.

Kesbangpol berharap, kegiatan tersebut diharapkan membantu peserta memahami dan mengetahui pentingnya etika budaya dalam berpolitik.

"Dengan tema yang kami ambil yakni Membangun Etika Budaya Politik Untuk Mewujudkan Demokrasi Yang Bermartabat, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta akan pentingnya beretika dalam berpolitik," demikian tutup HA Kasori melansir laman tangerangkab.rajamedia

Komentar: