Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Kukuhkan DPC Apdesi, Bupati Serang Dorong Penerapan Digitalisasi Pelayanan Desa

Laporan: RMN
Minggu, 04 Desember 2022 | 12:25 WIB
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kukuhkan DPC Apdesi Kabupaten Serang/Repro
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kukuhkan DPC Apdesi Kabupaten Serang/Repro

RMBanten.com, Kabupaten Serang - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Serang resmi dilantik di Lapangan Tenis Indoor, Setda Pemkab Serang, Sabtu (3/12).

Kepengurusan 2022-2027  di bawah pimpinan Muhammad Maulidin Anwar itu dilantik Ketua Apdesi Banten Uhadi dan dikukuhkan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap, Apdesi yang baru dilantik harus mampu mewakili kepentingan dan fasilitator dari 326 desa di Kabupaten Serang. Kemudian pemerintah desa harus mampu sejalan dengan program prioritas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

“Saat ini kita berada pada masa pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19. Maka pemulihan ekonomi ini harus juga dilaksanakan oleh pemerintah desa, dan kepala desa lebih tahu potensi yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi,” ujar Tatu.

Kemudian di era perkembangan teknologi informasi, Tatu meminta kepala desa melaksanakan pelayanan berbasis digitalisasi.

“Dengan digitalisasi, akan memudahkan, lebih efisien, efektif, dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Ketua Dewan Pembina Apdesi Banten,  Andika Hazrumy mendorong pemerintahan desa, untuk meningkatkan indeks desa membangun atau IDM.

Sebab menurut data Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2020 menyebutkan, IDM empat kabupaten di Provinsi Banten sudah masuk kategori Berkembang, yakni di kisaran angka 0.6626.

Empat daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Tangerang, Serang, Pandeglang, dan Lebak.

“Kita harus terus memacu pembangunan di desa agar IDM kita bisa masuk kategori maju,” pungkas Andika.

Dalam acara itu turut turut hadir, anggota DPR RI Tubagus Haerul Jaman, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Ketua Karang Taruna Provinsi Banten yang juga Ketua Dewan Pembina Apdesi Banten Andika Hazrumy, Wakil Ketua DPRD Banten Fahmi Hakim, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Serang.rajamedia

Komentar: