Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Elektabilitas Anies Moncer Tembus 30 Persen, Ganjar dan Prabowo Lewat!

Laporan: RMN
Senin, 28 November 2022 | 22:48 WIB
Elektabilitas mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tertinggi dalam survei Indopol/Repro
Elektabilitas mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tertinggi dalam survei Indopol/Repro

RMBanten.com, Politik - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan elektabilitas tertinggi dalam bursa 16 nama calon presiden unggulan yang dirilis Indopol Survei and Consulting.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mendapat elektabilitas 30,33 persen, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (25,53 persen), dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (15,37 persen).
                                                                      
"Ini wajar, karena Anies Baswedan dalam satu bulan ini telah melakukan upaya penggalangan dukungan ke beberapa wilayah pasca tidak menjabat sebagai Gubernur DKI," kata Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto dalam diskusi yang digelar di Sajdoe Caffe Tebet, Jakarta Selatan, Senin (28/11).

Kata Ratno, melengkapi lima besar, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (4,88 persen) dan Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno (2,68 persen).

Sementara tokoh-tokoh lain memiliki elektabilitas di bawah 2 persen ada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Berikutnya Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Menko Polhukam Mahdud MD, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Yenny Wadid dan Kepala KSP Moeldoko.

Pengambilan sampel survei dengan cara multistage random sampling dengan melibatkan 1.240 responden di 34 provinsi.

Responden yang berhasil diwawancarai secara valid sebesar 1.230, jumlah 1230 ini kemudian dilakukan analisis. Margin of error dengan jumlah sample 1.230 adalah sebesar ± 2,85 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.rajamedia

Komentar: