Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Kawasan Kumuh di Tangsel Disulap Jadi Kampung Tematik

Laporan: CM-1
Kamis, 10 November 2022 | 18:10 WIB
Pembenahan kawasan kumuh di Tangsel/IST
Pembenahan kawasan kumuh di Tangsel/IST

RMBanten.com -  Progres pembangunan kawasan kumuh yang di Kelurahan Pondok Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah mencapai 80 persen. 

"Untuk target pembangunannya selesai diakhir Desember 2022 mendatang," ungkap Kepala Disperkimta Kota Tangsel, Aries Kurniawan pada Kamis, (10/11).

Aries menjelaskan, adapun yang dibangun di kawasan kumuh tersebut diantaranya pembangunan Gedung Serba Guna (GSG), balai warga dan posyandu. Kemudian, pembangunan penataan jalan, saluran drainase dan penerangan jalan umum (PJU). 

"Pembangunan PJU ini merupakan sejalan dengan program pak Walikota yaitu mewujudkan Kampung Terang," jelasnya.

Lebih lanjut, Aries menerangkan, untuk konsep pembangunan kawasan kumuh ini disesuikan dengan wilayah atau lingkungan sekitarnya sesuai permintaan masyarakatnya. Seperti adat Betawi, Jawa, Palembang atau Sunda. 

"Misalnya disana orang Betawi, nanti kita bikin konsepnya Kampung Betawi, kalau disana lingkungannya kampung jawa, konsepnya kita buat seperti kampung Jawa. Kalau disitu masyarakatnya ada beberapa kelompok, kita buat beberapa kelompok sesuai permintaan," jelasnya. 

Adapun penanganan dan penataan kawasan kumuh sudah dilakukan Pemkot Tangsel melalui Dinas Perkimta yang sudah selesai dibangun. Salah satunya, Kampung Nambo yang berdekatan dengan TPA Cipeucang, di Kelurahan Serpong dan Kampung Dadap di Kelurahan Rawa Buntu. rajamedia

Komentar: