Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Sayang Hewan Peliharaan!! Segera Vaksin Rabies, Hari Ini Terakhir

Laporan: RMN
Kamis, 29 September 2022 | 11:12 WIB
Vaksinasi hewan peliharaan/Dok
Vaksinasi hewan peliharaan/Dok

RMBanten.com, TangKab - Masyarakat diminta berpartisipasi dalam pencegahan penyakit rabies melalui penyelenggaraan vaksinasi gratis bagi hewan-hewan kesayangan.

Ajakan itu datang dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang.

Masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang diminta agar terus meningkatkan kesadaran terkait pencegahan penyakit rabies pada binatang.

Jika sayang pada hewan peliharaan, maka segeralah berikan vaksin di beberapa tempat yang telah disediakan.

Pemberian vaksin tersebut tidak dipungut biaya alias gratis dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) pada Rabu, 28 September 2022.

"Penyakit rabies adalah salah satu penyakit strategis dunia yang bersifat zoonosis (menular dari hewan ke manusia) dengan tingkat kematian yang tinggi. Pengendalian penyakit rabies yang efektif adalah dengan cara pencegahan melalui vaksinasi rabies," ujar Kepala Dinas DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika dikutip dari laman resmi Pemkab Tangerang, Kamis (29/9).

Menurut Jatnika, sebagian besar hewan penular rabies belum dilakukan vaksinasi rabies. Saat ini pun cakupan vaksinasi rabies dalam populasi belum mencapai 70 persen, untuk itu pihaknya terus melakukan vaksin rabies secara rutin.

"Jadi kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing yang belum mendapatkan vaksin rabies, segera datang ke pusat kesehatan hewan," harapnya.

Sebagai informasi, kegiatan vaksinasi itu mulai di laksanakan pada tanggal 24 September 2022 secara on the spot di Area parkir Kantor Desa Gelam Jaya dan Pet Kingdom Gading Serpong. Kemudian pada tanggal 25 September 2022 di Sport Club Citra Raya dan 28 September 2022 di Area parkir Gedung Usaha Daerah.

Selain itu, terdapat juga dua lokasi vaksin rabies lainnya, seperti di Pukeswan Balaraja dan Pukeswan Panongan. Ini pun di laksanakan sampai tanggal 29 September.

"Meski besok (hari ini) terakhir, tapi kami akan melanjutkan vaksin rabies gratis ini sepanjang dosis vaksin rabies kita masih tersedia," jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner menjelaskan dalam kegiatan vaksin gratis turut melibatkan stakeholder terkait, seperti dari Dinas Pertanian Provinsi Banten, dan juga dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia cabang Banten.

"Untuk syaratnya yang terpenting hewan tersebut berumur di atas 4 bulan dan sehat, selain itu hewan tersebut juga sedang tidak hamil. Sampai hari ini capaian sudah lebih kurang 347 dosis vaksin rabies, dan diperuntukan untuk jenis hewan peliharan seperti kucing, anjing, kera dan musang," tandasnya.rajamedia

Komentar: