Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Demo Tolak Kenaikan BBM, Maruf Amin: Sampaikan Secara Wajar Saja!

Laporan: Raja Media Network
Jumat, 09 September 2022 | 00:27 WIB
Wapres RI, Maruf Amin/Net
Wapres RI, Maruf Amin/Net

RMBanten.com, DemoBBM -  Aksi unjuk rasa penolakan kenaikan harga BBM diperbolehkan. Walau begitu aksi unjuk rasa tidak anarkis, tidak menimbulkan kekacauan, dan kegaduhan.

Begitu disampaikan Wakil Presiden Maruf Amin dalam keterangannya pada Kamis (8/9).

"Ya, disampaikan secara wajar saja apa yang menjadi aspirasi," ujar Maruf Amin.

Menurut Maruf Amin, alasan pemerintah menaikkan harga BBM karena penyaluran subsidi tidak tepat. Banyak masyarakat mampu yang justru menikmati subsidi.

Untuk itu, kata dia, pemerintah harus mengambil kebijakan mengalihkan subsidi BBM menjadi bantuan langsung tunai (BLT) agar dinikmati masyarakat yang berhak menerima.

“Maka ini dilakukan penataan ulang supaya yang menerima itu benar-benar yang menerima. Kalau bahasa kiainya, ya’ta’u kullidzi haqqin haqqahu, memberikan hak kepada orang yang berhak,” tuturnya.

Pemerintah kata Maruf Amin, sudah menyiapkan bantalan untuk masyarakat kurang mampu. Selama ini, subsidi tidak sampai ke sasaran, karena itu diambil. Adapun yang terjadi saat ini,  bukan kenaikan harga BBM, melainkan penyesuaian atau normalisasi harga keekonomian.

Dia menilai situasi global saat ini membuat harga BBM tinggi.

"Karena kita sudah memberi bantalannya melalui bansos ini, kita harapkan tidak terlalu berpengaruh tapi akan terus kita amati. Pemerintah akan terus memantau akibat-akibat daripada itu dan terus untuk menjaga," demmikian Maruf Amin.rajamedia

Komentar: