Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Hendak Ikut Demo Di Gedung DPR, 92 Pelajar Dijanjikan Diberi Ongkos

Laporan: Firmansyah
Selasa, 12 April 2022 | 19:03 WIB
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Komarudin/DOK
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Komarudin/DOK

RMBanten.com - Polrestro Tangerang Kota mengamankan 92 pelajar yang hendak ikut aksi demonstrasi 11 April di Gedung DPRD. Yang mengejutkan mereka mengaku dijanjikan diberi ongkos.

Demikian disampaikan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Selasa (12/4).

Dari hasil keterangan para pelajar tersebut, polisi menyebut ada pihak yang menggerakkan para pelajar itu ikut demo ke Jakarta. Mereka diiming-imingi ongkos jika benar-benar sampai ke Jakarta.

"Kami dalami (dalang yang mengajak demo). Dari beberapa anak isi chat-nya itu, di antara mereka menyampaikan tidak punya ongkos untuk ke Jakarta. Terus ada balasannya silakan naik apa saja nanti di Jakarta akan diberikan ongkos," ujar Kapolres.

Saat ini Polrestro Tangerang Kota tengah memetakan sejumlah pihak yang terindikasi terlibat dalam ajakan demo para pelajar tersebut. Hal ini penting dilakukan, mengingat tindakan tersebut dinilai sangat merugikan para pelajar.

"Ini masih terus kita petakan. Mereka yang memanfaatkan anak-anak sekolah untuk ikut ke dalam aksi yang pastinya akan merugikan anak-anak sekolah itu," kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan pihaknya menemukan sejumlah bukti percakapan dalam ponsel para pelajar yang memperlihatkan ajakan untuk berdemo ke Jakarta.

"Itu semua komunikasinya memang ada ajakan terus pembahasan tentang Jakarta, titik kumpul, dan sebagainya. Ini yang bisa kita temukan. Masih kita dalami, kita tracing, nomor-nomor HP yang ada atau yang mengajak," tegasnya.

Bukan hanya unsur pelajar, 92 orang yang diamankan itu juga beberapa diantaranya merupakan remaja putus sekolah.

"Ada yang sebagian pelajar ada sebagian lagi yang memang sudah putus sekolah. Yang dapat dipastikan, mereka tidak jelas tujuannya ke Jakarta. Ini yang kita target memang pada hari ini khusus kelompok-kelompok atau anak-anak seperti ini," pungkas Kapolres.rajamedia

Komentar: