Banten

Politik

Parlemen

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Keamanan

Nasional

Olahraga

Dunia

Opini

Galeri

Gaya Hidup

Budaya

Pendidikan

Kesehatan

Calon Dewan

Info haji

Indeks

Survei Terbaru: Pasangan Airin - Ade Sumardi Berpeluang Menang Mudah di Pilgub Banten

Laporan: Raja Media Network
Jumat, 21 Juni 2024 | 18:41 WIB
Pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi diprediksi akan menang mudah di Pilgub Banten. (Foto: Repro)
Pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi diprediksi akan menang mudah di Pilgub Banten. (Foto: Repro)

RMBANTEN.COM - Pilgub Banten - Survei internal tentang peta politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten yang dilakukan Pandawa Research memunculkan tiga nama dengan skor elektabilitas paling tinggi di Pilgub Banten, mereka ialah Airin Rachmi Diany, Rano Karno dan Wahidin Halim.

Selain calon Gubernur Banten, Pandawa juga melakukan survei dengan memasangkan para kandidatnya, seperti Airin dengan Ade Sumardi.

Pasangan ini memiliki skor yang paling tinggi dibandingkan pasangan lainnya dengan perolehan skor sebesar 60-62 persen.

Sementara pasangan lainnya seperti Rano Karno dan Achmad Dimyati Natakusumah hanya mendapatkan skor 18 persen saja.

Jauh dari itu, Wahidin Halim jika dipasangkan dengan Ratu Ageng Rekawati dalam survei itu hanya mendapatkan skor 14,1 persen saja.

Sementara bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany  elektabilitas atau keterpilihan Airin unggul tinggi menyentuh angka 41,9 persen.

Survei ini dilakukan sebagai bagian dari proses politik penjaringan calon kepala daerah yang dilakukan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Survei itu dilakukan pada 27 Mei hingga 7 Juni 2024. Menggunakan metode random sampling yang melibatkan 3.180 responden di delapan kabupaten dan kota di Banten.

Berdasarkan kesimpulan survei tersebut, elektabilitas masih bisa berubah sebelum 27 November atau hari pemungutan suara.

Hal tersebut mungkin berubah karena pengaruh elektoral dari dinamika isu dan pergerakan masing-masing calon gubernur menjelang pemilihan.

Ketua Tim Penjaringan Pilkada DPD PDIP Banten Muhlis membenarkan hasil survei Pandawa Research tersebut.

Menurutnya, hasil survei akan disampaikan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. menjadi bahan pertimbangan pemberian rekomendasi bakal calon gubernur yang akan diusung di Pilkada Banten.

“Hasil survei ini jadi salah satu bagian penting, perlu dicatat survei bukan satu satunya, tapi salah satu alat ukur DPP untuk memberikan rekomendasi,” ujar Muhlis, Rabu (19/6).

Surat Tugas  Ade Sumardi Cawagub

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah memberikan surat tugas bagi Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi untuk menjadi bakal Calon Wakil Gubernur Banten pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Hal itu dikonfirmasi oleh Sekretaris DPD PDIP Banten Asep Rahmatullah. Surat tugas itu telah diberikan oleh DPP PDIP kepada Ade Sumardi belum lama ini.

“Betul, pak Ade sudah menerima surat tugas menjadi bakal calon Wakil Gubernur Banten dari DPP,” kata Asep saat dikonfirmasi, Rabu 19 Juni 2024.

Asep mengatakan, pemberian surat tugas itu merupakan hasil dari pemetaan politik yang dilakukan oleh DPP PDIP pada Pilgub Banten ini. Ade Sumardi merupakan Ketua DPD PDIP Banten yang juga pernah menjabat sebagai Mantan Wakil Bupati Lebak dua periode.

Ade dinilai menjadi keterwakilan dari daerah Banten bagian Selatan.

Pihaknya pun ingin menyandingkan Ade Sumardi dengan bakal calon dari Partai Golkar yakni Airin Rachmi Diany.

Jika berpasangan, keduanya ini disebut akan menjadi keterwakilan wilayah antara Banten Utara dan Selatan.

“Komunikasi politik terus kita lakukan, yang jelas saat ini masih dinamis. Tapi jika partai sudah menugaskan, maka tidak ada opsi lain. Kita harus upayakan semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Menurutnya, koalisi dengan partai Golkar bukanlah hal yang tidak mungkin. Pihaknya pun tengah melakukan komunikasi politik dengan partai berlogo beringin itu.

“Bisa saja, kita juga sudah mengusung pa Andika di Pilkada Serang. InsyaAllah kita akan sepaket dengan Pilgub Banten,” pungkasnya.rajamedia

Komentar: